Mohon tunggu...
mie gantenk
mie gantenk Mohon Tunggu... Pembelajar

Senang berbagi pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Jangan Lupa Bayar, ya...

28 Februari 2021   23:01 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:41 28 0 0 Mohon Tunggu...

Tadi pagi saat istriku membuka HP-nya tiba-tiba pesan singkat masuk dan ada pesan berbunyi, beli. Sebelumnya link belanja disertai gambarnya sudah dikirimkan.

Saya tak marah sedikitpun bahkan malah tertawa melihat kejadian tadi pagi. Rupanya banyak pelajaran yang didapat dari sini.

1] kebebasan memberikan ruang privasi sendiri. Semenjak pandemi ini, saya berikan gawai khusus untuk belajar (tujuan awalnya) namun seiring berjalannya waktu... ia gunakan untuk hal.lain bermain game dan mengunduh salah satu aplikasi toko online.

2] panduan

Saya persilakan anak untuk berbelanja selama itu bermanfaat dan bukan mainan juga toko online nya harus yang berada di jabodetabek atau masih tetap di negeri ini bukan di luar negeri, pokoknya.

3] tetap tepat waktu mengerjakan tugas

Menjadi motivasi sendiri juga sebagai bukti patuh kepada orangtua kalau tanggung jawab harus diselesaikan dengan baik.

Hal ini pula yang menjadi kendali dan kontrol diri jika terlalu lama bermain gawai dan akan berakibat tidam diizinkan belanja online lagi nantinya.

4] pengertian

Diberikan pengertian tentang sesuatu yang logis bagi anak lebih mudah dibandingkan larangan tanpa alasan atau sebab - akibatnya. Misal kenapa tidak setuju membeli mainan, dll. Jika alasannya cocok, ya ujungnya nurut dan dianya tetap senang.

Semoga cerita singkat tentang kisah ini bermnafaat ya...oh iya jangan lupa bayar ya. Hehehe.

Fahmi 28.02.2012

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x