Mohon tunggu...
Gayahidup

Stop! Jangan Ikut Campur Keputusan Pernikahan Tanpa Anak

6 Maret 2021   14:15 Diperbarui: 6 Maret 2021   14:21 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stop! Jangan Ikut Campur Keputusan Pernikahan Tanpa Anak
Sumber foto: telegraph.co.uk

Memiliki anak merupakan impian kebanyakan pasangan di Indonesia. Bahkan ada beberapa pasangan yang tidak bisa memiliki anak karena faktor biologis tertentu sehingga melakukan upaya seperti program kehamilan. Ada juga pasangan yang diberkati anak setelah sekian tahun pernikahan.

Beberapa pasangan yang berkomitmen tidak ingin memiliki anak diistilahkan dengan Childless Marriage. Childless Marriage atau pernikahan tanpa anak merupakan fenomena yang terjadi di masyarakat dan merupakan topik buah bibir serta kritikan. 

Sebagian orang beranggapan bahwa pasangan childless sangat egois karena tidak mengembangkan keturunan leluhurnya. Asumsi ini merupakan kesalahan berpikir masyarakat yang merupakan hasil dari budaya di masyarakat melalui media.

Tentunya keputusan yang dibuat oleh seseorang didasari dengan alasan. Berikut adalah alasan atau penyebab pasangan menentukan untuk pernikahan tanpa anak.

1. Trauma masa kecil dan lingkungan

Seseorang yang berasal dari broken home berpotensi memiliki trauma takut memiliki anak.

2. Tidak percaya diri

Banyak pasangan yang merasa dirinya belum siap mental untuk menjadi sosok ibu dan ayah

3. Karir

Sebagian orang memilih fokus kepada jenjang karirnya daripada memiliki anak. Mereka berpendapat bahwa jika sudah memiliki anak akan kesulitan untuk mengejar karir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x