Mohon tunggu...
Mia Aruka
Mia Aruka Mohon Tunggu...

Suka membaca, sekali-sekali menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Dibuang Sayang, Makanan Kedaluwarsa Boleh Dimakan?

25 Mei 2021   14:08 Diperbarui: 25 Mei 2021   14:28 181 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dibuang Sayang, Makanan Kedaluwarsa Boleh Dimakan?
(sumber: inspirensis.id)

Libur Lebaran kemarin, kusempatkan beres-beres lemari dapur, merapikan wadah-wadah bumbu dan kudapan yang berserakan. Tidak sengaja “kutemukan” wadah permen impor dari luar negeri. Masih ada isinya, karena memang baru dimakan sedikit, lalu disimpan. 

Teringat dua tahun lalu saat seorang kerabat memberikan permen itu, oleh-oleh dari perjalanannya ke Taiwan. Gila juga, dua tahun berlalu tak terasa, dan setahun terakhir ini aku hanya berdiam diri di rumah, enggan pergi ke mana-mana. Gara-gara Covid sialan!

Pas mau dibuka, terlihat tulisan angka 20052019. Hanya angka itu yang kumengerti, karena sisanya tulisan huruf mandarin semua. Astaga, jangan-jangan sudah kedaluwarsa! Aku pun teringat pesan kerabatku saat memberikan permen dua tahun lalu. 

Katanya, “Ini permen baru yah, tanggal yang di kemasan itu bukan tanggal expired, tapi tanggal produksi. Di sana semua barang seperti itu, dicetaknya tanggal produksi. Yang jualnya bilang kuat disimpan sampai tiga tahun.” Rupanya dia tahu persis aku bakal kebingungan karena ngga bisa baca huruf mandarin. Jadi sebelum sempat bertanya, dia duluan menjelaskan.

Cara Mengetahui Umur Makanan

Sebetulnya, makanan yang sudah kedaluwarsa apakah aman untuk dimakan? Singkat kata, tidak. Itu jawaban singkatnya, kata pakar dalam sebuah jurnal teknologi pangan. 

Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa makanan kedaluwarsa adalah makanan yang tidak boleh dipergunakan lagi menurut ketentuan waktu yang telah ditentukan. 

Makanan yang kedaluwarsa akan mengalami kerusakan dan perubahan pada warna, bau, rasa, tekstur, dan kekentalannya. Kerusakan pada makanan kedaluwarsa dapat terjadi karena tidak berfungsinya lagi bahan pengawet, juga karena reaksi-reaksi zat kimia yang terkandung pada makanan dalam jenjang waktu tertentu.

Bagaimana kita mengetahui kapan makanan masih aman untuk dikonsumsi? Kita dapat mengandalkan cetakan tanggal yang tertera pada kemasan makanan. 

Cukup mudah, tetapi cetakan tanggal ini terkadang sulit ditemukan. Letaknya pada kemasan bervariasi, ada yang dicetak kecil, juga ada yang tercantumnya dalam kemasan satuan di dalam wadah besarnya–bukan di kemasan paling luarnya. 

Penulisan teksnya pun ada beberapa jenis. Yang paling umum adalah “expired date” atau dalam bentuk singkatannya, “ED”. Ada juga yang lebih spesifik, “best before” dan “use by”. Apa bedanya?


1. EXPIRED DATE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x