Mohon tunggu...
Mia Ayu Maulidya
Mia Ayu Maulidya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Peningkatan Branding Produk UMKM Keripik Singkong "Mekar Jaya" sebagai Bentuk Dukungan terhadap Para Pelaku UMKM di Indonesia

8 Desember 2022   18:18 Diperbarui: 8 Desember 2022   18:30 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam konteks pengembangan ekonomi rakyat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki posisi dan peran yang cukup dominan. Hal tersebut dikarenakan jumlah pengusaha UMKM yang sangat besar, namun UMKM tidak pernah menimbulkan masalah yang dapat mengancam perekonomian nasional. 

Selain itu, UMKM juga berpotensi menyediakan lowongan pekerjaan atau dapat menyerap tenaga kerja yang lebih besar (Sudati, 2019). Sehingga UMKM memiliki andil besar dalam mengurangi pengangguran dan juga kemiskinan di Indonesia. 

Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat sekaligus agent of change memiliki peran guna mendukung pembangunan nasional, termasuk pembangunan ekonomi Indonesia. Salah satunya yaitu dengan mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan para pengusaha UMKM di Indonesia. 

UMKM Keripik Singkong "Mekar Jaya" merupakan salah satu UMKM tingkat mikro yang dirintis sejak tahun 2004 dan bergerak dalam bidang makanan ringan. Produk yang dihasilkan berupa singkong yang diolah menjadi keripik dan dikemas dalam plastik. Perkembangan UMKM Keripik Singkong "Mekar Jaya" dalam 18 tahun terakhir ini terbilang lambat, terutama dari segi branding produk dan pemasaran. 

Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian guna membantu meningkatkan branding produk UMKM Keripik Singkong "Mekar Jaya" dengan cara memperbaiki visual label kemasan serta membuat akun instagram sekaligus sosialisasi terkait pentingnya memanfaatkan media sosial khususnya Instagram sebagai media promosi produk. 

Kemasan merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran suatu produk. Sehingga visual berupa kemasan dinilai penting guna meningkatkan minat pembeli dipasaran. Instagram sendiri adalah salah satu alat atau media promosi produk yang sangat gemar digunakan oleh para pelaku usaha guna mempromosikan produk. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan branding dari produk UMKM Keripik Singkong "Mekar Jaya" sehingga dapat mencapai target pasar yang sesuai. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi banyak pihak terutama para pengusaha UMKM yang ada di Indonesia.

Kunjungi Instagram:@krips_mekarjaya 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun