Mohon tunggu...
Mia Ayu Maulidya
Mia Ayu Maulidya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aktualisasi Peningkatan Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan dan Sosialisasi Melalui Media Poster di Kampung Wisata Tridi Kota Malang

30 November 2022   06:27 Diperbarui: 30 November 2022   07:03 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Penyerahan Poster dan Tempat Sampah Kepada Ketua RW Kampung Wisata Tridi. (dokpri)

23 Oktober 2022, mahasiswa Universitas Negeri Malang yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Geografi telah melakukan kegiatan praksis sosial di Kampung Wisata TriDi Kota Malang.

Kegiatan dilakukan mulai pagi hari hingga menjelang siang. Kegiatan tersebut berupa kerja bakti untuk membersihkan lingkungan disekitar pemukiman masyarakat. Kerja bakti diikuti oleh sebagian dari masyarakat khususnya masyarakat RT 01&04. Agenda selanjutnya, yaitu pemasangan atau penempelan poster-poster yang bernuansa lingkungan, yakni berupa ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya yang ditulis menggunakan bahasa Inggris di beberapa titik yang dinilai strategis. Penggunaan bahas Inggris dalam poster dikarenakan latar belakang Kampung Wisata Tridi yang seringkali menjadi salah satu lokasi tujuan bagi para wisatawan asing dari berbagai mancanegara. Kemudian, terdapat satu kegiatan penutup berupa pemberian tempat sampah dialah satu titik atau lokasi yang dinilai benar-benar membutuhkan tempat sampah.

Gambar 2. Proses Penempelan Poster di Beberapa Titik. (dokpri)
Gambar 2. Proses Penempelan Poster di Beberapa Titik. (dokpri)

Tujuan dengan adanya kegiatan kerja bakti serta sosialisasi kebersihan lingkungan dengan media poster ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat Kampung Wisata Tridi dalam hal menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan perkampungan lebih bersih, indah dan membuat masyarakat nyaman. Diharapkan setelah dilaksanakannya kegiatan praksis sosial ini masyarakat Kampung Wisata Tridi dapat lebih peka dan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu, untuk kedepannya disarankan supaya adanya regenerasi fasilitas-fasilitas yang ada seperti denah yang sudah mulai memudar maupun tempat sampah yang penyebarannya terbilang kurang merata. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun