Mohon tunggu...
Muhammad Aidan
Muhammad Aidan Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Manusia itu fana, suatu saat akan meninggalkan dunia. Lain halnya dengan gagasan/pemikiran, ia abadi dalam bentuk sebuah tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips agar Konsisten dalam Melakukan Suatu Hal

26 Agustus 2023   17:20 Diperbarui: 26 Agustus 2023   17:24 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo sobat kompasiana, pernah ga sih ngerasa hidup kita ini kadang ga produktif dan sering banget ga konsisten dalam melakukan suatu hal, nah di artikel ini saya pengen ngasih tips nih gimana caranya agar kita tetap bisa konsisten sama apa yang pengen kita lakukan.

Tentukan Tujuan yang Jelas 

Yang pertama nih, anda harus punya dulu tujuan yang jelas, karena ketika anda punya tujuan yang jelas dan spesifik itu akan memberikan arah yang jelas dalam tindakan anda pula kedepannya. Dan ketika anda memiliki tujuan yang dapat diukur dan terukur, otomatis anda akan lebih termotivasi untuk tetap konsisten dalam usaha anda. 

Tentukan Rencana dan Jadwal Rutin 

Nah berikutnya setelah punya tujuan yang jelas dan terukur, anda bisa mulai menentukan rencana apa yang akan anda lakukan dan waktu dimana anda akan melakukan hal tersebut secara rutin. Rencana ini akan memandu langkah anda dan membuatnya terasa lebih terkelola. 

Mulailah Dari Hal-Hal Kecil 

Ketika anda memulai sesuatu yang baru, mulailah dengan langkah kecil yang dapat dengan mudah anda lakukan agar tidak membebani anda dan membuat anda tetap merasa senang melakukan hal tersebut secara rutin. Ini membantu membangun momentum dan mencegah rasa kewalahan yang bisa mengganggu konsistensi

Catat Setiap Progress Yang Telah Anda Buat 

Setelah memiliki rencana dan jadwal yang tertata, lalu anda dapat mencatat setiap kemajuan anda dalam melakukan hal tersebut, karena dengan mencatat ini adalah suatu cara yang efektif untuk melihat sejauh mana Anda telah datang. Ini juga memberikan dorongan motivasi dan mengingatkan anda tentang hasil positif yang telah anda capai. 

Berikan Penghargaan pada Diri Sendiri 

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya yaitu dapatkan self reward untuk diri kita sendiri, self reward ini seperti memberikan hadiah kecil kepada diri kita karena telah berhasil konsisten dalam melakukan hal-hal baru tersebut, dan ini kembali memicu rasa senang kita terhadap hal tersebut yang akan berdampak pula pada konsistensi kita dalam melakukan suatu hal. 

Jadi gimana nih? Ada yang mau langsung nerapin? Atau udah nerapin duluan? Semoga artikel ini bermanfaat yaa, see u di artikel berikutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun