Mohon tunggu...
M. Helmi Hariadi
M. Helmi Hariadi Mohon Tunggu... www.mhhariadi.web.id | KBM App. : M. Helmi Hariadi

Pencinta Ilmu | Fisika dan Pendidikan Fisika | Guru di MTs Muna Falih Sleman | Anak Indonesia | Beriman, Belajar, dan Berkarya | _____Lombok Timur-Yogyakarta-Gunungkidul-Yogyakarta-Lombok Timur-Mataram-Yogyakarta-Sleman_____

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Samsat Delivery, Bayar PKB Jadi Lebih Mudah dan Aman

19 Juli 2020   15:53 Diperbarui: 19 Juli 2020   15:47 520 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Samsat Delivery, Bayar PKB Jadi Lebih Mudah dan Aman
Sumber: diskominfotik.ntbprov.go.id

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) harus dibayarkan setiap tahun oleh wajib pajak. Batas akhir pembayarannya sesuai dengan batas akhir berlakunya Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB. Adanya pembatasan kegiatan masyarakat tentu menjadi kendala untuk pembayaran tepat waktu. Tetapi jangan khawatir, ini ada salah satu solusi yang mudah dan aman.

Era kemajuan teknologi mendorong banyak inovasi dalam hal kemudahan layanan masyarakat. Tak terkecuali dalam hal kemudahan bagi masyarakat sadar pajak. Samsat Delivery kini hadir sebagai solusi yang patut dicoba untuk kemudahan itu.

Merujuk pada laman berikut, Samsat Delivery merupakan sebuah inovasi yang diluncurkan oleh Ditlantas Polda NTB dan Bappenda NTB. Kehadirannya dimaksudkan sebagai kemudahan bagi wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak. Pajak yang dibayarkan dan bukti pembayaran pajak diantar-jemput oleh petugas langsung menuju tempat wajib pajak.

Aplikasi yang diluncurkan dilengkapi dengan beberapa fitur utama:

  1. Cek PKB, fitur ini digunakan untuk mengecek PKB. Setelah memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor, kita akan mendapatkan informasi pemilik, kendaraan, dan informasi pajak kendaraan bermotor.
  2. Bayar Pajak, fitur ini digunakan untuk melakukan pembayaran pajak. Tampilannya sama dengan fitur Cek PKB, perbedaannya adalah pada bagian bawah dilengkapi dengan pilihan metode bayar dan tombol proses. Metode bayar dapat sesuai dengan yang ada dalam aplikasi, bahkan tersedia kemudahan dengan pembayaran Cash on Delivery (COD). Pada fitur ini pembayar pajak tinggal memilih lokasi dimana akan diantarkan bukti pembayarannya.
  3. Antar SKPD, fitur ini menyediakan informasi petugas yang akan melayani pembayaran pajak serta status penanganan pajak yang telah dipesan.

Aplikasi ini mudah digunakan. Pembayar pajak hanya perlu melakukan pemesanan dan memilih metode pembayaran. Berikutnya adalah memilih dimana bukti pembayaran pajak akan diantarkan oleh petugas.

Saya mencoba memanfaatkan aplikasi ini karena saya selaku wajib pajak sedang di luar daerah. Agar memudahkan bagi petugas, maka saya pilihkan untuk mengantarkan bukti pembayaran pajak ke keluarga saya. Tentunya ini juga akan mempercepat layanan, risikonya juga akan lebih kecil.

Sekedar berbagi informasi, saya melakukan pemesanan melalui aplikasi ini pada tanggal 15 Juli 2020. Rencananya saya meminta untuk diantarkan bukti pembayarannya pada tanggal 21 Juli 2020. Saya sesuaikan dengan kesiapan penerima bukti pembayaran pajak.

Keesokan harinya pada tanggal 16 Juli 2020 ternyata pesanan saya sudah diproses. Petugas mendatangi keluarga saya untuk meminta STNK guna diberikan cap pengesahan. Namun karena saya di luar daerah, maka saya diberikan kemudahan. Saya cukup mengirimkan foto STNK saya saja. 

Layanan yang diberikan sangat cepat, entah karena memang seperti itu adanya atau karena kebetulan petugasnya dekat dengan lokasi yang saya pilih. Tetapi kalaupun alamat petugasnya tidak terlalu dekat, mungkin prosesnya hanya berbeda jam saja. Berhubung samsat terdekat itu hanya berjarak 20 km dari lokasi yang saya pilih. Jika diproses di Samsat Drive Thru terdekat, maka jaraknya hanya 4 km saja.

Benar-benar memudahkan, setelah foto STNK saya kirim maka dengan segera prosesnya dituntaskan. Sebenarnya sore hari prosesnya sudah selesai semua, tetapi keluarga saya membuat janji untuk diantarkan pada besok paginya. Benar saja, besok paginya bukti pembayaran pajak sudah diantarkan dan keluarga saya melakukan pembayaran via COD.

Tak ada kesulitan sedikitpun dalam prosesnya, mungkin hanya diingatkan untuk meminta pengesahan STNK nanti jika saya sedang berada di lokasi. Saya rasa ini tidak akan terlalu memberatkan. Bagi saya yang penting kan sudah membayar pajak tepat waktu. Sehingga motornya boleh dibawa kemana-mana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x