Mohon tunggu...
MHENDRY FLUBIS
MHENDRY FLUBIS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kupu-Kupu Liar

Kata adalah senjata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dosen Bukan Tuhan dan Mahasiswa Bukan Budak

27 Juli 2021   17:11 Diperbarui: 27 Juli 2021   17:25 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dosen Bukan Tuhan dan Mahasiswa Bukan Budak
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kehidupan kampus menjadi salah satu lingkungan yang dihuni oleh dosen dan mahasiswa , sehingga adanya dinamika-dinamika yang sering terjadi antara mahasiswa dan dosen, perdebatan antara mahasiswa dan dosen pastinya menjadi salah satu ajang yang cukup luar biasa. 

Bahkan perdebatan antara mahasiswa dan dosen perlu untuk dilakukan agar  terjadinya komunikasi yang efektif antara dosen dan mahasiswa. Namun belakangan ini melihat kehidupan kampus yang kini mulai tidak kondusif dan demokratif sehingga mahasiswa saat ini merasakan kekejaman dosen di kampus yang mulai mencekam.

Mengutip kutipan dari salah seorang demonstran aktivis UI di zaman era orde baru yaitu Soe Hok Gie, bahwa beliau pernah mengatakan "Guru yang tak tahan kritik boleh masuk keranjang sampah. Guru bukan dewa dan selalu benar. 

Dan murid bukan kerbau."  sedikit penjelasan dari penulis terkait kutipan ini dengan menggambarkan kehidupan kampus saat ini bahwa dosen yang tak tahan menerima kritikan serta  suara pembelaan dari mahasiswa adalah dosen yang hanya menganggap dirinya sebagai tuhan atau dewa, memang cukup relevan ketika dosen tidak selalu nya benar  dikarenakan dosen hanyalah seorang manusia. 

Dimana manusia itu tak luput dari kesalahan, maka dari itu mahasiswa bukan budak yang selalu tunduk dan diam atas kesalahan dari dosen, mahasiswa harus lebih berani untuk menyatakan kebenaran terhadap kesalahan-kesalahan yang telah dipraktikkan oleh seorang dosen.

 Kritik salah satu cara ataupun penyampaian dari seorang mahasiswa ketika melihat dosen yang sedang melakukan kesalahan, dan kritikan yang telah dilontarkan bukti bahwa mahasiswa masih berfikir secara kritis terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi, namun akhir-akhir ini kritik menjadi hal asing bagi kehidupan kampus. 

Terutama dosen yang meanggap kritikan itu adalah tindakan yang dilarang dan jika dilanggar mahasiswa akan mendapatkan sebuah hadiah dan pembalasan dendam dari dosen, contohnya saja menjatuhkan nilai akademik dan menebar kebencian terhadap mahasiswa yang telah melontarkan kritikan.

Dosen dan mahasiswa harus memiliki hubungan harmonis dan terciptanya keharmonisan itu dengan melakukan komunikasi yang efektif antara sesama, mengkritik dan dikritik adalah hal yang wajar di dalam kehidupan kampus, dan budaya kritisme mahasiswa tidak boleh ditumpulkan. Sebab "Dosen bukan tuhan yang harus terus dipatuhi dan mahasiswa bukan budak yang diam dan terus menunduk".

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x