Mohon tunggu...
M Addurun Nafis
M Addurun Nafis Mohon Tunggu... -

Mahasiswa STAI Syekh H.Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Pentingnya Mengembangkan Bakat Beladiri

19 Oktober 2018   14:25 Diperbarui: 19 Oktober 2018   16:54 549
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Beladiri  sangat lah penting bagi kehidupan kita terutama di jaman yang semakin berkembang ini tingkat kriminalitas semakin bertambah dari tahun ke tahun nya. Jika kita menguasai beladiri tentu saja itu sangat berpengaruh bagi kehidupan kita sehari-hari, selain untuk pertahanan diri. Beladiri juga sangat membantu untuk melatih otot - otot dalam tubuh agar tetap bugar. 

Pertama kali saya mengikuti beladiri itu saya sedang duduk di bangku kelas 4 SD (Sekolah Dasar) pada saat itu saya dimasukkan oleh orang tua saya kedalam seni beladiri Karate. Karate sendiri adalah olahraga yang berasal dari jepang dan aliran karate yang saya masuki adalah Kyokushin Kaikan.

Sedikit saya jelaskan tentang seni beladiri Karate ini. Aliran Kyokushin sendiri adalah aliran karate yang sangat dikenal di dalam maupun di luar negara jepang. Aliran ini didirikan oleh Masutatsu Oyama. 

Kyokushin sendiri memiliki arti Kebenaran Tertinggi, latihan karate ini umumnya menekankan latihan pada kekuatan fisik, dimana gerakan nya sendiri biasanya memukul dan menendang tanpa menggunakan pelindung. Namun gerakan-gerakan ini dianggap terlalu kasar bagi sebagian orang tua, sehingga para orangtua tidak memperbolehkan anak-anak nya masuk ke aliran Karate Ini.

Berlatih  beladiri adalah hobi yang saya senangi sejak kecil berlatih beladiri sangat lah bagus jika ditanamkan saat masih anak-anak selain baik untuk perkembangan nya beladiri juga dapat membentuk karakter si anak karena beladiri itu menekankan ke disiplinan dan rasa hormat. 

Setelah karate saya kemudian mencari sesuatu yang baru dengan masuk ke dalam beladiri yang lain. Kemudian saya kembali memasuki seni beladiri tetapi beladiri kali ini asli budaya kita dari Indonesia,  apa itu?  tentu saja Pencak Silat saya mengikuti  pencak silat ini pertama kali awal masuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). 

Kebetulan pada saat itu ada beberapa ekstrakurikuler seni beladiri tetapi saya lebih memilih pencak silat selain beladiri tradisional asli dari Indonesia. Seni beladiri ini secara luas dikenal juga di beberapa Negara seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. 

Disini saya mulai mendapatkan prestasi olahraga seperti, Pertandingan Pencak Silat POPKOT (Pekan Olahraga Pelajar Kota), pada saat itu saya mendapatkan juara 3, dan juga mengikuti pertandingan PORKOT (Pekan Olahraga Kota), dan disitu juga saya mendapatkan juara 2. 

Disini saya berharap bisa mendapatkan juara 1 tetapi kemenangan belum berpihak kepada saya dikarenakan poin lawan sedikit lebih unggul, bagi saya itu bukanlah masalah yang terpenting kita tetap bersyukur dengan apa yang telah kita dapatkan.

Dan ini semua saya dapatkan dari latihan keras selama beberapa bulan bergabung di beladiri pencak silat. Mungkin karena sebelumnya saya juga sudah mempunyai basic beladiri, dan tetap percaya diri ketika berada di gelanggang pertandingan pencak silat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun