Mohon tunggu...
muhamad hanimuzaqi
muhamad hanimuzaqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Sistem Pengendalian Marketing pada PT Indomarco Prismatama (Indomaret)

5 Desember 2022   03:54 Diperbarui: 5 Desember 2022   04:10 474
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pt indomarco prismatama atau  indomaret berdiri sejak tahun 80 an sebagai toko ritel dari indonesia,gerai resmi indomaret pertamakali dibuka di  daerah ancol jakarta utara dan berkantor pusat di  jakarta utara. indomaret adalah anak perusahaan dari grup salim dan juga menjadi rantai perusahaan ritel pertama yang terbesar di indonesia. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari,pada tahun 2014 indomaret memiliki  10.600 outlet 60% outletnya milik sendiri dan waralaba sedangkan 40% sisanya milik perusahaan, hal ini menjadi toko terbesar di jabodetabek,sumatra(kecuali sumatra barat), jawa, madura, bali, lombok,kalimantan dan sulawesi.

Indomaret sangat banyak memiliki toko yang tersebar dan lokasinya sangat strategis  untuk di jangkau konsumen yang ingin berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, penempatan toko ini berdasarkan moto dari indomaret yaitu "MUDAH DAN HEMAT" selain itu indomaret juga memiliki visi "MENJADI JARINGAN RITEL YANG UNGGUL". Adapun produk yang di pasarkan berupa makanan sampai alat rumah tangga yang tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat seekitar.

Indomaret juga  memasang pricing strategy yang sebagaimana dalam hal ini indomaret melakukan penetapan harga sesuai kualitas dari  barang tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui indomaret sering melakukan diskon dalam waktu tertentu, penetapan diskon seperti inilah yang mampu bersaing dengan perusahaan ritel diluar sana yang menerapkan diskon pada produk-produknya. Selain itu indomaret memiiliki member card yang bernama indomaret card diterbitkan oleh bank mandiri, fungsi dari indomaret card adalah jika belanja menggunakan indomaret card akan dapat diskon khusus beberapa produk yang ada didalamnya selain itu kegunaan indomaret card juga bisa untuk membayar tol,spbu dan beberapa pembayaran yang dapat dilakukan oleh e-money.

Selain pricing strategy indomaret juga menerapkan promotional strategy dengan menerapkan promosi yang di lakukan secara berkala dengan berbagai metode dan cara sesuai dengan jenis produk dan fokus pada target pasarannya. Oleh karena itu indomaret juga mempromosikan berbagai macam produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan

Adapun macam-macam strategi promosi  jangka pendek yang dilakukan oleh indomaret adalah sebagai berikut:

  • Product of the week (PTW) atau bisa juga disebut harga  heboh merupakan promosi mingguan yang memberikan harga yang sangat murah untuk produk-produk kebutuhann sehari-hari.
  • Hanya tiga hari (HTH) atau bisa juga disebut JSM merupakan promosi yang benar-benar dasyat memberikan diskon super hemat kepada konsumen. Ini ada salah satu strategi mrketing khusus yang bisa membawa indomaret mampu bersaing dengan perusahaan ritel lainnya yang menjalankan bisnis ini.
  • Super hemat merupakan promosi yang dilakukan  dua minggu sekali dengan harga hemat sebagai panduan bagi konsumen untuk belanja hemat.
  • Promosi bulan ini (PBI) promosi yang berbentuk bulanan biasanya dengan produk  buy 1 get 1 dan bisa juga mendapatkan hadiah langsung dari produk tersebut ataupun pemotongan harga dari produk tersebut.

Dan untuk strategi promosi jangka panjang, Indomaret menerapkan berbagai program seperti mengajak masyarakat yang berbelanja di Indomaret atau mendaftar menjadi member Indomaret dengan Indomaret Card/indomaret mobile yang bisa juga disebut I saku yang bertujuan untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap Indomaret.

Hal inilah yang dapat kita lihat  dari kesuksesan indomaret dan bisa bertahan sejauh ini, makin dikenal oleh masyarakat, juga makin bertambah outlet/toko indomaret yang tersebar di indonesia. Kesuksesan indomaret juga dapat dilihat dari beberapa penghargaan seperti menjadi salah satu perusahaan ritel terbaik di indonesia pada ajang ritel asia-pasific top 500 awards indomaret berhasill mendapatkan dua gold awards yaitu "Best Of  The Best Top Retailers" untuk wilayah asia pasifik dan juga peringkat satu top sepuluh retailers di indonesia, indomaret sudah mendapatkan penghargaan tersebut ke empat kalinya di tingkat asia pasifik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun