Mohon tunggu...
Rahmah Chemist
Rahmah Chemist Mohon Tunggu... Blogger - Product Photographer

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lomba Khatam Quran demi Hadiah Lebaran

19 April 2021   15:56 Diperbarui: 19 April 2021   16:41 285 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lomba Khatam Quran demi Hadiah Lebaran
diolah dari dreamstime.com

"Siapa yang mau hadiah Lebaran?"

Seru bapak saat keluar dari kamar. Tangannya memegang Quran. Wajahnya mengukir senyum ceria. 

"Sayaaa..." 

Saya dan adik kompak teriak. Siapa yang tidak mau hadiah Lebaran dari bapak? Padahal Ramadan tahun sebelumnya anak-anaknya sumringah menerima hadiah Lebaran yang di luar ekspektasi. Sehelai uang seratus ribu bisa menjadi milik kami ketika tantangan bapak tuntas dikerjakan dengan baik dan jujur. 

Ya, bapak selalu mengajak kami untuk semangat menyambut Ramadan dengan iming-iming hadiah Lebaran. Wujudnya terserah bapak tetapi pasti bukan sesuatu yang sepele. Bapak tahu, perjuangan menyelesaikan tantangan selama Ramadan itu penuh godaan. Hadiahnya pun tidak boleh sembarangan. 

Dan Lomba khatam Quran menjadi momen yang akan selalu kami nanti sebagai anak-anaknya. 

Mengapa Harus Lomba Khatam Quran?

Saya pernah bertanya pada bapak alasan memilih lomba ini. Jawabannya pun sangat sederhana. 

"Kapan lagi kalian mau lebih dekat dengan Quran dan semalaman bersamanya jika bukan bulan Ramadan? Semakin besar kalian punya aktivitas yang banyak juga. Tidak salah jika bapak menantang kalian harus khatam Quran. Sekali setahun datangnya dan tidak ada jaminan akan bertemu lagi tahun-tahun berikutnya." 

Jawaban ini kemudian yang memotivasi saya untuk tidak berhenti menantang diri saya bahwa di bulan Ramadan harus khatam Quran, bagaimanapun caranya. Saya perempuan yang memiliki masa libur untuk melakukan ibadah salat, puasa dan pastinya juga mengaji. Maka, sungguh sangat luar biasa nikmatnya jika mampu sampai pada surah terakhir dalam Quran meskipun ada bolong puasa. 

Bapak juga pernah mengingatkan bahwa bulan Ramadan adalah bulan turunnya Quran. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya agar bisa khatam dan mendapatkan keberkahan karena senantiasa membacanya di waktu-waktu Ramadan. Apalagi Ramadan selalu identik dengan banyaknya orang yang memanfaatkan dengan aktivitas tidur. Mengapa tidak dihabiskan dengan membaca Quran dan mentadabburi artinya?! 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN