Mohon tunggu...
M Hadi Saputra
M Hadi Saputra Mohon Tunggu... Ilmuwan - Peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli

Alumni Mahasiswa Linkage program Magister ITB dan Hiroshima University Alumni Mahasisiwa Kehutanan UGM Tertarik dengan IPTEK Kehutanan dan Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Hoaks dan Popularitas Pers

10 Februari 2022   15:19 Diperbarui: 10 Februari 2022   15:29 74 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

"Kebenaran tidak selalu tepat untuk sumber yang berbeda. Tak ada seorangpun yang benar-benar menyampaikan kebenaran kecuali sesuai perspektif masing-masing. Maka mencari kebenaran haruslah dengan upaya sendiri."

Pernyataan itu benar adanya, karena tak ada seorang pun yang benar-benar mau menyatakan hal yang benar secara berimbang kecuali dari sudut pandang masing-masing. Seperti halnya angka 9 dan 6 yang akan di sebut berbeda pada 2 orang yang berdiri pada sisi yang berbeda. 

Kebenaran, pada hari ini menjadi mahal harganya. Keterbukaan media sosial secara bebas di dunia maya menyebabkan informasi menyebar secara luas tanpa dapat disaring kebenarannya. Popularitas menjadi daya tarik untuk memunculkan berita secepat kilat walau akurasinya masih di pertanyakan. Tak ada yang dapat membendung informasi yang sangat buas dan sporadis kecuali pembaca itu sendiri. 

Hoaks akhirnya merajalela. Ketimpangan informasi menyebabkan sudut pandang korban media menjadi berat sebelah, bahkan cenderung memecah akal sehat. Kini, bumi seakan dipenuhi oleh wahana perlombaan untuk menjadi terkenal dengan berita murah dan sampah yang bahkan tak layak muncul di permukaan. 

Lalu bagaimana kita dapat menanggulangi masalah ini? Sebagai insan pers kita perlu melakukan beberapa tahapan dalam menganalisa suatu berita agar dapat disampaikan secara baik dan berimbang. Apa saja yang bisa kita lakukan? 

1. Berpikir sebelum bertindak

Sebagai makhluk yang dibekali dengan kecerdasan, kita haruslah menggunakan kesadaran berpikir untuk mencari kebenaran sebuah informasi. Lakukan 3 hal ini dalam menyaring informasi:

a. Apakah informasi bermanfaat untuk di baca dan dibagi

b. Apakah ada dampak buruk apabila berita ini disebar atau dibaca

c. Apakah informasi yang disajikan valid dan benar. 

2. Gunakan jalur informasi yang terpercaya dan jelas asal usulnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan