Mohon tunggu...
M Hadi Saputra
M Hadi Saputra Mohon Tunggu... Peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli

Alumni Mahasiswa Linkage program Magister ITB dan Hiroshima University Alumni Mahasisiwa Kehutanan UGM Tertarik dengan IPTEK Kehutanan dan Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Wisata Alam: Healing Tropical Forest

2 April 2021   10:25 Diperbarui: 2 April 2021   10:28 100 0 0 Mohon Tunggu...

Hutan tropis merupakan anugrah besar bagi bangsa Indonesia dimana semua keragaman hayati dapat tumbuh dengan subur. Matahari yang penuh sepanjang tahun serta alam dengan dua musim menjadi tempat yang nyaman bagi tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang. 

Kelestarian alam hutan yang indah ini tidak akan dapat bertahan lama jika tidak ada upaya untuk melestarikan dan menjaganya dari kerusakan. Untuk itu kini wisata alam menjadi primadona dalam mencari solusi terbaik untuk memelihara hutan dari perubahan fungsi dan tutupan lahan. 

Wisata alam merupakan trend yang berkembang terutama semenjak kesadaran lingkungan mulai menjadi prioritas dalam pembangunan nasional. Hutan tropis menjadi aset berharga bagi Indonesia dalam meningkatkan perekonomian dengan tetap menjaga keberadaan hutan yang asri dan alami. Dengan wisata alam maka masyarakat sekitar hutan dapat tetap mempertahankan hutannya dan memperoleh jasa lingkungan yang melimpah seperti sungai, udara dan hasil hutan yang bernilai ekonomis. Selain itu terdapat nilai tambah dari kedatangan wisatawan yang berpeluang membuka kesempatan kerja dan usaha bagi masyarakat sekitar. 

Dimasa pandemi ini, wisata alam menjadi pilihan dalam melepaskan segala lelah dan stress sepanjang waktu isolasi. Hutan menjadi primadona dalam wisata disebabkan areal yang terbuka, jauh dari keramaian serta bernilai kesehatan. Penelitian menunjukkan hutan mengeluarkan aroma esensial yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dengan cara meningkatkan imun tubuh. 

Phytoncides merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kandungan sel T pada tubuh yang mampu melawan sel-sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker. Selain itu senyawa ini mampu meningkatkan imun tubuh dengan melepas hormon serotonin ynag membuat tubuh merasa lebih rileks dan nyaman. 

Healing tropical forest diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat yang telah lama terisolasi untuk dapat berbaur dengan alam. Sejatinya manusia merupakan makhluk biophillia yang selalu mencari cara untuk terkoneksi dengan alam. Hal ini dapat terlihat dari ruang lingkup manusia yang tidak terlepas dari makhluk biologis lainnya seperti tanaman, hewan maupun alam. 

Dengan demikian, wisata alam dengan basis healing tropical forest dapat menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia di tengah pandemi sekaligus bermanfaat dalam upaya pelestarian hutan dan lingkungan dengan bernilai lebih bagi masyarakat baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Negara mendapatkan pemasukan dari wisata mandalawangi mancanegara maupun lokal yang membayar pajak dari wisata alam, masyarakat sekitar memperoleh keuntungan dari bisnis wisata dengan membuka lapangan kerja dan lingkungan memperoleh keuntungan dengan terjaga serta terpelihara dari kerusakan lingkungan. 

Melalui kerjasama yang baik antara seluruh otoritas pemangku kebijakan, diharapkan agar wisata alam healing forest dapat terlaksana dengan baik dan menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini. 

VIDEO PILIHAN