Mohon tunggu...
MFA
MFA Mohon Tunggu...

Keep Moving Forward :)

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingnya Inovasi dan Kreasi dalam Wirausaha

25 Mei 2011   14:53 Diperbarui: 26 Juni 2015   05:14 6795 0 0 Mohon Tunggu...

Sumber gambar: http://www.dailygalaxy.com/photos/uncategorized/2007/10/14/myths_of_innovation.jpg

Ketika pertama kali memulai untuk berwirausaha tentu akan ada banyak kebingungan bagi anda. Setelah menentukan akan berusaha di jenis apa dan bagaimana cara untuk memasarkannya. Hingga banyak lagi pertanyaan yang muncul ketika mulai menjalani kegiatan berwirausaha. Sampai akhirnya anda akan menemukan pertanyaan tentang bagaimanakah wirausaha yang dijalani ini bisa berkembang, bisa maju atau bahkan sekedar untuk bisa bertahan di tengah persaingan dunia usaha yang begitu ketat.

Pastinya anda akan menemui banyak sekali kesulitan ketika anda memulai berwirausaha dibandingkan dengan anda sebelumnya mungkin hanya menjadi sekedar pegawai biasa yang hanya bergantung kepada gajian tiap bulan saja. Wirausaha sangat jauh berbeda dan wirausaha adalah kegiatan yang sebenarnya sangat istimewa.

Wirausaha merupakan kegiatan yang istimewa karena dengan berwirausaha berarti anda telah membebaskan diri anda sendiri untuk berekspresi dan mencurahkan segala kemampuan yang dimiliki. Ketika anda menjalani wirausaha maka segala hal tentang bisnis anda semuanya adalah bergantung kepada anda. Sehingga disadari sebenarnya anda sendirilah yang akan menentukan kesuksesan dari bisnis anda.

Ada sebuah hal kecil yang membuat usaha anda menjadi berbeda dibandingkan dengan usaha milik orang lain, perbedaan ini bila anda bisa mengolahnya dengan baik maka akan menjadikan usaha anda menjadi sukses. Perbedaan itu adalah inovasi dan kreasi anda sebagai seorang wirausahawan.

Ketika anda mulai berwirausaha maka semestinya sudah disadari bahwa produk anda yang baru ini haruslah memiliki perbedaan dibandingkan dengan produk lain yang sudah ada sebelumnya. Untuk membuat produk anda berbeda dan terasa istimewa dibandingkan produk lain inilah anda harus memutar otak menggali ide kreatif untuk berkreasi dan berinovasi terhadap produk anda.

Menciptakan kreasi dan inovasi memang bukanlah hal mudah terkadang sebuah perubahan yang awalnya diprediksi akan membuat sukses ternyata justru tidak memberikan peningkatan hasil yang signifikan. Apalagi anda baru memulai berwirausaha sehingga merasa belum cukup pengalaman untuk membuat sesuatu yang baru dan berani sedikit berbeda dibandingkan pesaing lainnya.

Lakukan Riset Secara Kontinyu

Kenyataannya ada sebuah kegiatan yang bisa memberikan anda sebuah ide segar untuk membuat kreasi dan inovasi baru. Kegiatan itu adalah riset, ya bukan rahasia lagi riset adalah kegiatan penting dalam bisnis dan umumnya dalam bidang apapun. Untuk menilai seberapa besar sebuah perusahaan cukup dengan melihat seberapa serius mereka mengelola departemen research and development di perusahaannya. Keberadaan departemen ini merupakan indikasi bahwa perusahaan telah menyadari betul pentingnya riset dan penelitian untuk kepentingan pengembangan bisnisnya.

Tak heran perusahaan dan juga sebuah kegiatan bisnis yang maju selalu melakukan riset, mulai dari ketika akan membangun bisnisnya hingga ketika bisnis yang dibuat sudah mulai sukses. Mereka tak pernah berhenti melakukan riset, karena riset akan menghasilkan kreasi dan inovasi baru yang membuat sebuah bisnis akan terus bertahan dalam kesuksesan dan mengalami peningkatan yang memuaskan.

Sebaiknya anda melakukan riset mulai dari ketika anda akan berwirausaha, sehingga usaha yang akan anda jalani setidaknya sudah memiliki fokus seperti sasaran pasar, harga jual dan tujuan realistis dari usaha yang dirintis dengan melihat kondisi pasar yang ada. Dengan melakukan riset terlebih dahulu maka anda dapat membuat perbandingan-perbandingan terhadap keadaan para pesaing dan mulai menyiapkan strategi untuk bisa mulai bersaing sebagai pendatang baru.

Melalui kegiatan riset ini anda dapat mengetahui produk seperti apa yang sudah ada di pasaran beserta segala detailnya dan tentu informasi ini akan memberikan anda gambaran tentang sentuhan inovasi dan kreasi apa yang bisa diberikan kepada produk anda sehingga memiliki keunggulan dibandingkan produk dari para pesaing lainnya.

Kegiatan riset tidak berhenti ketika kegiatan usaha anda sudah mulai berjalan. Saat para pelanggan sudah mulai berdatangan justru inilah riset yang sangat bagus, karena anda bisa mulai menggali informasi spesifik tentang alasan pelanggan lebih memilih produk anda dibandingkan dengan tempat yang lain dan juga anda bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang produk seperti apakah yang sebenarnya dicari oleh pelanggan anda.

Maka harus dipatuhi bahwa kegiatan riset dalam wirausaha dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan dan tidak berhenti hanya sampai batas kepuasan anda sebagai pengusaha. Tentunya dengan berdasarkan riset kita akan membuat promosi yang lebih efektif atau juga ketika anda berinisiatif untuk menciptakan produk baru lagi untuk dijual, pastinya akan banyak pembeli karena kita sudah melakukan riset untuk mengetahui tentang produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan atau konsumen.

Sayang sekali bila anda sudah merasa puas dengan keadaan usaha anda saat ini. Bisa saja bila dilakukan riset yang serius akan memberikan kreasi dan inovasi baru untuk akhirnya membuat perubahan yang mungkin akan membuat usaha anda menjadi sukses tanpa pernah anda menduga sebelumnya bila usaha anda dapat menempati level kesuksesan yang sangat baik. Jadi kuncinya adalah lakukan riset secara kontinyu dan berkelanjutan, jangan pernah berhenti untuk riset dan sentuhan inovasi serta kreasi akan membuat usaha anda berada pada jalur yang tepat dan menjadikan produk anda terasa istimewa bagi konsumen.

Mencari Inspirasi Untuk Mengembangkan Kreasi dan Inovasi

Inspirasi bisa dikatakan sebagai penghubung antara kreasi dengan inovasi. Banyak yang bilang bila kreasi adalah ide yang ada di kepala dan inovasi adalah ketika ide itu sudah dilakukan. Maka inspirasi adalah kekuatan dari kreasi dan inovasi, seringkali inspirasi sulit didapatkan namun sebenarnya inspirasi adalah sesuatu yang ada di sekitar anda.

Ada kalanya anda merasa tidak punya ide dan butuh inspirasi untuk mengembangkan kreasi dan inovasi. Maka yang sebenarnya perlu anda lihat adalah keadaan usaha anda saat ini. Amatilah dengan kritis setiap kelemahan dan kelebihan yang anda lihat ada pada usaha anda sekarang. Buatlah pertanyaan serta jawaban tentang yang harus dilakukan mengenai permasalahan yang ada pada usaha anda saat ini.

Luangkanlah waktu sejenak untuk memperbarui informasi dengan membaca media atau menonton televisi untuk menyesuaikan dengan keadaan saat ini. Bisa juga dengan berjalan-jalan ke suatu tempat bahkan mungkin anda perlu sesekali mengamati keadaan tempat usaha saingan anda atau mencoba membeli produknya. Bandingkan dengan keadaan tempat usaha anda dan bandingkan dengan produk anda.

Tentu sebuah perbandingan ini akan memberikan pandangan terhadap kelebihan dan kekurangan antara produk anda dengan produk pesaing. Melalui cara ini maka anda akan tahu tentang produk seperti apa yang terbaik dengan menggabungkan keunggulan antara dua produk serta menghilangkan kelemahannya. Mainkan kreasi dan inovasi anda sehingga akhirnya dihasilkan produk baru yang merupakan gabungan dari keunggulan beberapa produk yang dijadikan sebuah produk oleh anda.

Ungkapan Amati, Tiru, Modifikasi rasanya merupakan sebuah semboyan yang sangat cocok untuk panduan dalam melakukan inovasi dan kreasi dalam berwirausaha. Melalui ungkapan ini anda diizinkan untuk mencontek produk saingan anda tapi jangan ditiru mentah-mentah, perbaiki tiruan anda dengan sebuah perubahan yang membuatnya menjadi semakin istimewa.

Kreasi dan inovasi mampu menjadikan usaha anda menjadi istimewa karena memiliki perbedaan dibandingkan dengan produk pesaing. Kreasi dan inovasi yang anda lakukan tentunya harus akurat sesuai kebutuhan pasar karena sebelumnya anda sudah melakukan riset. Jangan ragu untuk memiliki ide yang muluk selama anda yakin dan berkomitmen untuk mewujudkannya.

Temukan inspirasi sebanyak-banyaknya dengan menggali informasi dari mana saja. Kumpulkan ide untuk mengembangkan kreasi dan inovasi di usaha anda. Bebaskan diri anda untuk mengekspresikan diri dengan membuat sentuhan karya pada usaha anda. Hal paling penting adalah jangan ragu untuk mencoba karena persiapan yang anda lakukan sudah sangat baik. Kegagalan hanyalah sesuatu yang sifatnya sementara dan bisa diperbaiki. Berani tampil beda dengan kreasi dan inovasi melalui riset yang berkelanjutan untuk membuat usaha anda menjadi istimewa dan meraih kesuksesan.

Pastikan usaha anda adalah yang tersukses dengan selalu mengambil langkah perubahan yang terdepan. Semakin anda cepat meraih sesuatu maka semakin banyak pula yang dapat anda raih. Kreasi dan inovasi menjadikan anda sebagai wirausahawan yang paling terdepan.

Semarang, 25 Mei 2011

Rabu 00:58

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x