Mohon tunggu...
M FAWWAZ BAHA
M FAWWAZ BAHA Mohon Tunggu... Mahasiswa Fisika

Mahasiswa UIN SMG Geofisikawan - Geolistrik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Acuhkan Masker Saat Pandemi, Apa Akibatnya?

19 Februari 2021   08:10 Diperbarui: 19 Februari 2021   08:37 40 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Diah Permatasari, mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Masker merupakan salah satu prokes penting yang harus kita lakukan, terutama saat pandemi ini. Namun faktannya banyak masyarakat yang masih acuh dalam penggunaanya, hal ini dikarenakan mereka masih mengganggap remeh bahaya yang ditimbulkan jika tidak menggunaknnya.meski sederhana, kebiasaan menggunakan masker masih beum sepenuhnya dilakukan masyarakat. Lalu bagaimanakah dengan dampak yang ditimbulkan, berikut dampak yang ditimbulkan jika masyarakat masih acuh dalam penggunaan masker :
Mudah Terpapar Virus

Salah satu bahaya tidak menggunakan masker saat keluar rumah atau ditempat etrbuka adalah terpapar virus. WHO menyampaikan bahwa covid-19 bisa menyebar melalui udara. Jika seseorang tidak memnggunakan masker saat keluar rumah, maka virus dapat masuk kedalam tubuh seseorang melalui jalur pernapasan. Penularan virus dapat melalui droplet saat berbicara, menghela napas atau batuk dan bersin.
Menyebarkan Virus ke Orang Lain

Bahaya lainnya dari tidak menggunakan masker adalah menularkan virus ke rang lain. Penggunaan masker secara teratur saat keluar rumah dan bertemu dengan orang lain mampu mengurangi penularan virus secara signifikan. Orang positif covid-19 yang tidak menunjukan gejala (OTG) berpotensi menularkan virus ke orang lain, maka keberadaannya sebagai pembawa virus semain sulit untuk diketahui publik. Oleh sebab itu penggunaan masker sangat penting untuk dilakukan.
Membawa Virus ke Tubuh

Selain dapat terpapar viruus, tidak memakai masker juga menyebabkan kemungkinan tubuh membawa virus ke orang lain. Beberapa penelitian menunjukan bahwa virus dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama pada permukaan benda. Dalam aktivitas sehari-hari seseorang menyentuk benda-benda yang ada di sekitar hingga tidak disadari menyentuh wajah dengan tangan yang mungkin sudah terkontaminasi virus.
Maka dari itu menggunakan masker sangat penting dilakukan saat pandemi terutama saat keluar rumah atau hendak bertemu dengan orang lain. Dengan menggunkan masker kita dapat melindungi diri kita sendiri juga orang yang ada disekitar kita. 

Meskipun sederhana, penggunaan masker dapat membatasi transmisi virus dari tangan ke bagian wajah terutama hidung dan mulut. Masalah acuhnya menggunakan masker di masyarakat dapat diatasi mulai dari menggunakan masker untuk diri sendiri, dan saling menasehati sesama saat bertemu jika tidak menggunakan masker, juga sosialisasi kepada masyarakat melalui lembaga masyarakat dari perangkat desa atau organisasi kemasyarakatan lainnya guna mencakup masyarakat lebih luas lagi.

(Diah P)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x