Mohon tunggu...
M FAWWAZ BAHA
M FAWWAZ BAHA Mohon Tunggu... Mahasiswa Fisika

Mahasiswa UIN SMG Geofisikawan - Geolistrik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tiga Komponen Penting dalam Asuh Anak di Masa Pandemi

18 Februari 2021   11:17 Diperbarui: 18 Februari 2021   11:56 62 1 0 Mohon Tunggu...

Email : faizinnur_1703096022@student.walisongo.ac.id

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan masyarakat, oleh karenaNya semua pihak harus ikut andil membantu dalam  pembentukan sebuah karakter peserta didik, mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Merabahnya wabah penyakit ini, Timbul berbagai macam masalah dan perubahan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat, salah satunya dunia pendidikan. Pendidikan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka disekolah, kini berubah dan berpindah tempat di rumah, dengan perihal untuk meminimalisir penularan wabah COVID -19 ini. Dalam hal ini orangtua yang biasanya fokus dengan bekerja, kini mengharuskan untuk membagi waktunya dengan menemani dalam belajar dari rumah. Tentu dibutuhkan kemampuan ekstra.

Bukan hanya sekedar mengelola waktu, orang tua kini juga harus pandai dalam menghadapi tingkah laku anak/peserta didik untuk meminimalisir kejenuhan belajar Online. Secara tidak langsung banyak berdampak terhadap lini kehidupan ini.

Oleh karena itu perlu adanya kerja sama dan komunikasi yang baik, antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. Adapun hal yang dapat kita terapkan di lingkungan dalam mengelola dan meminimalisir penularan covid itu sendiri.

Lingkungan Keluarga,

Orang tua, juga dapat memberikan sebuah bimbingan, dengan mengenali karakter anak. Dalam hal ini untuk menambah semangat belajar anak dengan memberikan contoh, berkomunikasi yang baik, menganggap anak sebagai teman.

Lingkungan Sekolah,

Guru, dalam hal ini juga tidak bisa terlepas dari pantauan sekolah khususnya guru kelas, oleh karenaNya sebagai seorang guru juga wajib menyiapkan media/ alat bantu mengajar Online yang dapat menambah gairah belajar anak. Mencontohkan Menkomunikasikan, Merefleksikan, Menyimpulkan.

Lingkungan Masyarakat,

RT, membentuk sebuah wadah, taman pendidikan yang mana bisa dimanfaatkan dalam menambah bakat dan minat anak dalam belajar. Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa mengurangi mobilitas/ bermain diluar kampung demi meminimalisir penularan covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x