Mohon tunggu...
M FAWWAZ BAHA
M FAWWAZ BAHA Mohon Tunggu... Mahasiswa Fisika

Mahasiswa UIN SMG Geofisikawan - Geolistrik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Covid-19 di Bidang Kesehatan

18 Februari 2021   01:55 Diperbarui: 18 Februari 2021   02:27 51 1 0 Mohon Tunggu...

Corona virus disease 19 atau biasa disebut dengan Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan pertama kali muncul di Wuhan, Cina pada tahun 2019. Penyakit ini disebabkan oleh virus severe acute respitory syndrome coronavirus (sars-cov19).

Saat mendengar tentang covid-19 pasti yang terlintas tentang kesehatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa covid-19 memberikan pengaruh pada pemikiran khalayak tentang bagaimana cara hidup sehat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona. Lantas apa saja yang perlu kita lakukan agar tetap waspada dan terjaga dari virus corona?

Yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, serta steril dari virus dan bakteri, olahraga dan istirahat yang cukup agar imun tetap terjaga. Jika diharuskan keluar dari rumah, maka harus mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak aman dari orang-orang sekitar atau dari kerumunan masa.

Tak jarang beberapa orang takut untuk menggunakan fasilitas umum seperti transportasi umum, berbelanja di tempat umum dalam hal ini bisa jadi pasar dan UMKM banyak yang kondisinya melemah akibat dari pandemi. Masyarakat cenderung memilih berbelanja di tempat yang bersih serta memberikan rasa nyaman tanpa rasa khawatir dengan situasi dan kondisi saat ini.

Selain itu fasilitas lain yang ditakuti masyarakat untuk berkunjung adalah rumah sakit. Tentunya hal tersebut dikarenakan banyaknya rumah sakit yang dijadikan sebagai rujukan maupun tempat isolasi bagi pasien yang terjangkit virus corona. Masyarakat khawatir tempat-tempat yang mereka kunjungi justru memberikan peluang akan terkontaminasi covid-19.

Adanya covid-19 menjadikan kita jadi sangat antisipasi terhadap setiap orang yang ada di sekitar kita. Yang perlu dilakukan adalah tetap berpikir positif, karena berpikiran yang berlebihan mengenai covid-19 menjadikan kita terlalu cemas dan akan mempengaruhi kesehatan.

Hal tersebut berkaitan karena rasa cemas yang berlebihan menjadikan tubuh merespon hal negatif. Sehingga dapat menyebabkan kondisi drop dan seperti yang kita ketahui jika imun menurun maka virus lebih mudah menyerang kesehatan kita. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah dengan tetap tenang serta mematuhi himbauan dari pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sampai pertengahan februari ini, tercatat data pasien positif corona di Indonesia sudah mencapai 1,22 juta, dengan kasus terakhir periode 1-14 Februari 2021 tercatat 139.154 kasus.

Beberapa rumah sakit kewalahan dengan kondisi semakin bertambahnya pasien setiap hari, juga banyak tenaga kesehatan di antara mereka menjadi korban akibat penularan covid-19.

Dari hal yang disampaikan di atas kita dapat mengetahui bahwa dampak dari adanya covid-19, yaitu meningkatnya angka kematian akibat covid-19, rasa cemas pada orang-orang yang hendak berobat ke rumah sakit atau fasilitas umum yang lain karena takut tertular, serta semakin banyak yang beranggapan bahwa tenaga kesehatan adalah orang-orang yang membawa dan dapat menularkan virus corona.

Tetapi kita juga dapat mengambil hal positif adanya covid-19, yakni meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat, serta berkembangnya penelitian oleh ilmuan  agar segera menemukan vaksin untuk mengobati dan mencegah dari penularan virus corona. (Fawwaz)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x