Mohon tunggu...
Muhammad Fauzan Ramadhan
Muhammad Fauzan Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Departemen Informatika - Fakultas Sains dan Matematika

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bantu Hidupkan UMKM, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Pasar Minggu Pagi Pekojan Kelurahan Purwodinatan melalui Pembuatan Poster dan Pemasaran Digital

12 Agustus 2022   02:44 Diperbarui: 2 September 2022   18:55 139 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pasar Mingu Pagi Pekojan/Dokumentasi pribadi

Semarang (12/08/2022) - Saat ini, dunia sudah mulai memasuki masa pasca pandemi Covid-19. Selama berlangsungnya masa pandemi Covid-19 ini, banyak sekali usaha masyarakat yang terkena dampaknya seperti kehilangan para pelanggannya. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan adanya lockdown dan work from home tentunya sangat berdampak bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Penurunan omzet pun sudah menjadi suatu hal yang lazim bagi para pelaku UMKM. Bahkan, beberapa pelaku UMKM ini ada yang terpaksa harus memberhentikan usahanya terlebih dahulu. Dampak yang dialami oleh para pelaku UMKM ini juga dirasakan oleh warga Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Oleh karena itu, dalam rangka dimulainya masa pasca pandemi Covid-19, warga Kelurahan Purwodinatan memutuskan untuk menyelenggarakan Pasar Minggu Pagi Pekojan untuk memulihkan kembali keadaan UMKM di Kelurahan Purwodinatan.

Dalam melaksanakan pengabdiannya di Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Muhammad Fauzan Ramadhan sebagai Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro dari Departemen Informatika, Fakultas Sains dan Matematika melaksanakan program pemberdayaan UMKM Kelurahan Purwodinatan melalui pembuatan dan pemasaran digital poster Pasar Minggu Pagi Pekojan. Program ini dimulai pada hari Rabu, 13 Juli 2022 dan selesai pada hari Kamis, 14 Juli 2022.

Pasar Minggu Pagi Pekojan berlokasikan di Jalan Pekojan, Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Sesuai dengan namanya, Pasar Minggu Pagi Pekojan hanya buka pada hari Minggu jam 06.00 - 10.00 WIB. Pasar Minggu Pagi Pekojan ini berisikan aneka produk unggulan UMKM Kelurahan Purwodinatan. Daya tarik yang dimiliki oleh Pasar Minggu Pagi Pekojan adalah ciri khas makanannya yang berasal dari 4 etnis yang berbeda yaitu Jawa, China, Arab, dan Khoja. Makanan-makanan yang tersedia diantaranya yaitu gule kambing, tengkleng, nasi rames, gudeg, dan aneka jajanan pasar lainnya yang tidak kalah menarik seperti telur gulung, klepon, gorengan, dimsum, aneka minuman, dan masih banyak lagi. Selain memperjualkan makanan, Pasar Minggu Pagi Pekojan juga menjual berbagai macam pakaian dan aksesoris. Selain itu, Pasar Minggu Pagi Pekojan menyediakan kegiatan senam pagi untuk orang tua dan kereta lala sehingga cocok bagi keluarga untuk datang mengunjungi Pasar Minggu Pagi Pekojan.

Poster Soft Opening Pasar Minggu Pagi Pekojan/Dokumentasi pribadi
Poster Soft Opening Pasar Minggu Pagi Pekojan/Dokumentasi pribadi

Oleh karena itu, dibuatlah program kerja KKN pemberdayaan UMKM Kelurahan Purwodinatan melalui pembuatan dan pemasaran digital poster Pasar Minggu Pagi Pekojan. Pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Pemasaran digital yang dilakukan adalah dengan menyebarkan poster Pasar Minggu Pagi Pekojan secara luas ke media sosial untuk menarik perhatian masyarakat luas untuk datang mengunjungi Pasar Minggu Pagi Pekojan. 

Pemasaran Digital Poster Pasar Minggu Pagi Pekojan/Dokumentasi pribadi
Pemasaran Digital Poster Pasar Minggu Pagi Pekojan/Dokumentasi pribadi

Harapan dari dilaksanakannya program ini adalah dapat membantu meningkatkan omzet penjualan UMKM Kelurahan Purwodinatan dengan cara menyebarluaskan poster Pasar Minggu Pagi Pekojan sehingga lebih banyak lagi masyarakat luas yang datang untuk menyukseskan Pasar Minggu Pagi Pekojan.  

Penulis: Muhammad Fauzan Ramadhan (Informatika - FSM - Universitas Diponegoro)

DPL: Sukiswo, S.T., M.T.

Lokasi: Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan