Mohon tunggu...
Muhammad Fatahillah
Muhammad Fatahillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang pemuda yang menyukai ketenangan dan alam

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi 21107030088

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Inilah 5 Fakta Unik Raja Ampat yang Jarang Diketahui Orang

13 Mei 2022   23:10 Diperbarui: 13 Mei 2022   23:15 344 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Biru laut yang memanjakan mata, hamparan pasir putih yang luas, pulau-pulau berjejer sembarangan, biota laut yang beraneka ragam, terumbu karang memadati dasar laut bak rumput yang tumbuh di alam liar, dan para penyelam lalu-lalang menelusuri keindahan surga dunia yang terletak di Papua ini. Yap, inilah Raja Ampat, keindahan alam yang mempesona.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak keindahan alam yang menjadi daya tarik para wisatawan. Salah satu keindahan alam tersebut ialah Raja Ampat yang terletak di provinsi Papua Barat yang beribukota di Waisai. Untuk kamu pecinta diving ataupun snorkeling pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Keindahan bawah lautnya yang eksotis sudah dikenal oleh berbagai negara. Keindahan yang dimiliki Raja Ampat menjadi panorama khas bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Tak heran jika banyak turis mancanegara yang rela jauh-jauh datang untuk menikmati tempat ini.

Adapun selain keindahan alam yang dimilikinya, Raja Ampat juga menyimpan fakta unik yang menarik untuk dibahas. Berikut fakta-fakta unik Raja Ampat :

1. Sejarah Raja Ampat

sumber : celebes.co
sumber : celebes.co

Secara historis, Raja Ampat mulanya ditemukan oleh seorang penyelam berasal dari Belanda bernama Maz Ammer. Pada awalnya ia sedang bertugas untuk mencari keberadaan pesawat dan kapal bekas peninggalan Perang Dunia II yang jatuh di area tersebut. 

Maz Ammer pun dibuat kagum dengan berbagai keindahan yang disajikan Raja Ampat. Kemudian pada tahun 1998, ia membawa temannya yang seorang ahli perikanan berkebangsaan Australia bernama Gerry Alen untuk melakukan survey dan eksplorasi di kawasan ini. Berkat hal tersebut tujuan awal Maz Ammer pun membuahkan hasil, banyak ditemukan berbagai peralatan perang seperti mesin perang, kapal dan pesawat tempur bekas peninggalan perang dunia II. Sejak saat itu, Raja Ampat dikenal oleh para wisatawan mancanegara berkat keindahannya.

Selain aspek historis, Raja Ampat juga memiliki legenda yang dipercaya masyarakat sekitar. Nama Raja Ampat diambil dari cerita rakyat yang beredar di masyarakat, Raja Ampat berarti "Empat Raja" yakni empat raja yang menguasai empat kerajaan di daerah itu. Legenda yang paling terkenal mengenai Raja Ampat adalah legenda tentang tujuh telur.

Dikisahkan bahwa Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang bernama Buku Denik Kapatlot menemukan tujuh butir telur di perairan Kali Raja.

Lalu telur-telur tersebut dibawa pulang. Gawan, alias suaminya menyuruh Denik untuk merebus telur-telur tersebut. Namun, Denik menolaknya dengan berharap telur-telur tersebut menetas. Beberapa selang waktu, 6 telur tersebut menetas dan keluar menjadi wujud manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan