Mohon tunggu...
Meysa LanyAnriyani
Meysa LanyAnriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sosialisasi Penerapan Hidup Bersih dan Sehat dalam Rangka Pencegahan Covid-19

16 Juli 2020   21:24 Diperbarui: 16 Juli 2020   21:52 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Penerapan Hidup Bersih dan Sehat dalam Rangka Pencegahan Covid-19
whatsapp-image-2020-07-16-at-21-41-49-5f106b3a097f36301c5f5112.jpeg

(Kendari, Juli 2020) Tahun 2020 Indonesia dikejutkan dengan berita munculnya virus jenis baru yaitu virus corona. Virus Corona atau biasa dikenal dengan Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Penularan virus ini begitu cepat sehingga terjadinya peningkatan kasus sejak muncul pertama kali di Indonesia yaitu pada awal bulan maret hingga bulan juli ini. 

Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan universitas yang rutin menyelenggarakan program KKN tiap periode semesternya. Akibat Covid-19 Program KKN UNS pada Tahun 2020 dilaksanakan dengan metode daring pada daerah  mahasiswa masing-masing. KKN tersebut disebut dengan KKN Covid-19. Adanya program KKN ini mahasiswa dapat mengabdi kepada masyarakat dan dapat diterapkan secara efektif di daerah masing-masing mahasiswa.

Meysa Lany Anriyani adalah salah satu mahasiswa Program Studi S1 Kimia FMIPA yang melaksanakan KKN Era Covid-19 dimulai tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2020 di Jalan Wayong Baru Poros P2ID RT 03 RW 04 Kecamatan Kadia, Kelurahan Kadia, Kendari, Sulawesi Tenggara. Kota Kendari merupakan salah satu kota yang terkena dampak Covid-19. Selama masa pandemi ini, masih banyaknya masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti rendahnya kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan ataupun menggunkan antiseptik berbahan alkohol serta tidak menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah. Hal ini disebabkan kurangnya edukasi mengenai pentingnya protokol kesehatan selama pandemi ini. Akan tetapi, banyak masyarakat Jalan Wayong Baru Poros P2ID RT 03 RW 04 Kelurahan Kadia  yang sudah menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.  

Tema besar yang diusung adalah "Kesehatan Masyarakat". Program Kerja yang dilakukan antara mengedukasi masyarakat  mengenai hal yang berkaitan dengan Covid-19 seperti protokol kesehatan selama new normal, cara cuci tangan yang benar, mitos fakta mengenai covid-19, cara penggunaan masker yang benar dan lain sebagainya. Kegiatan edukasi ini melalui posteryang ditempel disetiap gang pada Jalan Wayong Baru Poros P2ID RT 03 RW 04 Kelurahan Kadia dan melalui media sosial berupa instagram. Selain itu dilakukan penyediaan tempat cuci tangan di lingkungan Jalan Wayong Baru Poros P2ID RT 03 RW 04 Kelurahan Kadia. Output kegiatan KKN ini berdampak pada pola hidup masyarakat. "Dengan adanya edukasi ini, saya jadi tau bahwa mencuci tangan sangat penting selama pandemi ini serta saya tau bagaimana langkah mencuci tangan yang baik dan benar" ujar salah satu warga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x