Mohon tunggu...
mey putriandini
mey putriandini Mohon Tunggu... mahasiswa

sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jember Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Kemajuan Sektor Pariwisata Kota Batu

29 Oktober 2019   17:51 Diperbarui: 29 Oktober 2019   18:10 128 3 3 Mohon Tunggu...

Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan dengan tujuan rekreasi dan melepas penat. Sedangkan tempat wisata adalah lokasi yang fungsinya untuk tempat pariwisata. Banyak masyarakat dari dalam negeri maupun luar negeri yang datang dan menikmati pesona wisata yang cukup banyak di Indonesia. Tempat wisata dapat digolongkan menjadi 2 macam yaitu wisata alam dan wisata buatan.

Tempat pariwisata alam adalah tempat wisata yang asli dari alam dan tidak ada campur tangan dari manusia. Sedangkan wisata buatan adalah tempat pariwisata yang di buat dengan sengaja oleh manusia untuk tempat wisata. Banyak dari wisatawan luar negeri yang datang ke Indonesia mengunjungi pariwisata alam tetapi tidak kalah juga yang datang ke tempat pariwisata buatan. Masyarakat Indonesia juga banyak yang memiliki hobi traveling ke tempat wisata alam dan juga wisata buatan. Contoh dari wisata alam seperti pantai, gua, gunung, hutan, taman lindung, danau, air terjun,dll. Kemudian contoh dari wisata buatan adalah seperti kebun binatang, taman kota, waduk, museum, kolam renang, dll.

Setiap daerah pasti memiliki tempat wisata baik yang asli maupun buatan. Biasanya banyak tempat wisata alam yang bagus tetapi masih belum banyak diketahui banyak orang. Hal seperti itu dapat dimanfaatkan menjadi wisata yang remain dengan cara memposting tempat wisata tersebut dan memberikan caption yang bagus dan menarik para traveler sehingga banyak yang datang ke tempat tersebut. Banyak dari anak muda zaman sekarang ini yang traveling hanya untuk bisa menguploadnya di Instagram.

Kota Wisata Batu di sana kita bisa menemui banyak tempat wisata yang sangat banyak dan cukup bagus. Ada wisata apa saja sih di Kota Batu ? Di Kota Batu terdapat banyak sekalih tempat wisata alam dan ada juga tempat wisata buatan contoh wisata alam yang ada di kota batu seperti paralayang dan pemandian air panas, tidak jauh dari kota batu di daerah Pujon juga terdapat banyak air terjun yang sangat indah dan masih terjaga sekalih keaslian dan keasriannya. Kemudian untuk tempat wisata buatan di Kota Batu terdapat banyak sekalih tempat wisata buatan dengan berbagai macam fungsi dan tujuan ada untuk sarana edukasi dan juga yang untuk rekreasi saja. Contoh dari wisata buatan yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Ecogreen Park, Museum Angkut, Selecta, dan masih banyak lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kota Batu.

Pemerintah Kota Batu memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya untuk menambah pemasukan dan juga untuk mengenalkan daerahnya itu sendiri. Pada zaman dahulu Kota Batu di kenal orang sebagai kota yang dingin. Tetapi sekarang suhu di kota batu menurutku cukup hangat tidak seperti kota batu yang dulu yang setiap pagi berkabut karena dinginya suhu. Tetapi meskipun kota batu sekarang tidak dingin kota batu masih banyak di datangi wisatawan tetapi dengan maksud yang berbeda jika dahulu wisatawan mencari kesejukan/suhu dinginnya kota batu sekarang para wisatawan datang untuk rekreasi , edukasi sekaligus melepas penat.

Kemudian apa sih rekomendasi tempat yan cocok untuk kita kunjungi di Kota Batu ?

Oke aku kasih rekomendasi tempat yang wajib banget kalian kunjungi ada 2 waktu yaitu yang pertama saat waktu pagi hari sampai sore hari tempat yang cocok untuk kalian kunjungi adalah tempat pariwisata buatan seperti Jatim Park (1,2,3), ecogreenpark, selecta, batu secret zoo, dan macam-macam museum yang bisa dilihat atau dikunjungi saat siang hari. Rata-rata tempat wisata yang dikunjungi saat siang hari fungsinya untuk edukasi. Sedangkan untuk rekomendasi tempat wisata di malam hari yang cocok antaralain seperti BNS (Batu Night Spectacular), museum angkut, paralayang,pasar parkiran, dan masih banyak lagi. 

Sebagian besar wisata malam ini digunakan para wistawan untuk mencari ketenangan dan melihat cantiknya lampu-lampu yang bersinar dengan indah. Di BNS para wisatawan disuguhi permainan yang cukup banyak, disana juga terdapat banyak spot-spot foto yang sangat indah yang membuat para wisatawan menyesal apabila tidak berfoto. Kemudian di paralayang saat hari sudah gelap tidak ada apapun kecuali pemandangan kota batu yang sangat indah di lengkapi dengan kerlipan lampu-lampu dari rumah masyarakat kota batu. Saat siang di paralayang disediakan tempat olahraga yang dapat di coba oleh para pengunjung yang mempunyai nyali cukup tinggi yaitu olahraga paralayang.

Di Batu juga banyak wisata alam yang recommended banget misalnya di Coban Talun para Instagrammer wajib mengunjungi spot wisata alam di Batu yang satu ini. Banyak spot cantik, ngehits dan tidak bisa ditemukan di tempat lain yang bisa kalian ambil fotonya dan upload ke akun kalian. Dijamin deh, foto kalian pasti banyak yang nge-like dan mereka bakal ngiri! Mulai dari pagupon yang menyuguhkan keunikan penginapannya, hamparan bunga hortensia di taman bunga dan juga Penginapan Apache merupakan kawasan perkampungan Indian yaitu Apache. Di sana para wisatawan akan diajak untuk menelusuri perkampungan dengan konsep dan juga suasana kampung Indian. 

Dengan hanya membayar Rp.10.000,00 kalian sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan. Ada juga  wisata alam Omah Kayu, dengan hanya membayar tiket masuk Rp.5000,00 aja kalian sudah bisa bersantai dibawah pohon pinus sambil menikmati pemandangan Kota Batu dan pastinya kalian bisa  foto-foto diberbagai spot foto yang telah disediakan yang pastinya bisa mempercantik feed Instagram kamu. Dan yang tak kalah nge-hitsnya dan yang pasti kalian sudah familiar dengan yang satu ini yaitu Coban Rais, tempat ini menawarkan spot foto yang keren-keren banget.

mungkin beberapa tempat yang ada di Batu membuat anda tertarik dan masuk ke dalam list tempat yang akan kalian kunjungi. aku jamin kalian gak akan pernah nyesel main ke Kota Batu.

VIDEO PILIHAN