Mohon tunggu...
mey putriandini
mey putriandini Mohon Tunggu... Jurnalis - mahasiswa

sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jember Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Kemiskinan terhadap Pendidikan di Indonesia

23 Oktober 2019   04:29 Diperbarui: 23 Oktober 2019   04:57 1529 4 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Kemiskinan terhadap Pendidikan di Indonesia
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi negara maju maupun negara berkembang. Pendidikan dillaksanakan dalam upaya untuk mengejar ketertinggalan di berbagai bidang sehingga bisa sejajar dengan negara maju salah satu caranya yaitu pada sektor pendidikan . Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.  Alasan mengapa pendidikan itu penting karena tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan mungkin akan terbelakang. Pendidikan dilakukan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dalam arti menguasai iptek dan mampu bersaing, terampil, jujur, bermoral tinggi, dan dapat menghargai pendapat orang lain. Manusia yang berpendidikan rendah pasti tidak akan mampu menyelesaikan masalah dengan cara berfikir kritis dahulu dan pasti langsung memikirkan cara instan untuk menyelesaikan masalah tersebut. itu merupakan beberapa penyebab terjadinya kemiskinan. Ada beberapa macam pendidikan antaralain seperti :

1. Pendidikan Formal

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri dari tiga kelompok yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

2. Pendidikan Non Formal

Pendidikan Non Formal adalah pendidikan yang dilaksanakan diluar pendidikan formal. Pendidikan Non Formal ini berfungsi sebagai pengganti, penambah dan pelengkap pendidikan formal.

3. Pendidikan Informal

Pendidikan Informal adalah jalur pendidikan di keluarga dan linggkungan.

Sementara Kemiskinan sendiri adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemiskinan merupakan keadaan di mana tidak adanya materi yang dapat di gunakan untuk  memenuhi kebutuhan hidup. Misalnya kebutuhan akan sandang,pangan.dan papan.  Masalah kemiskinan di Indonesia dapat dikatakan masih banyak yang belum dapat terselesaikan. penyebab kemiskinan yang paling umum antara lain seperti :

1. Angka kelahiran yang tinggi akan mengakibatkan laju pertumbuhan penduduk suatu negara menjadi besar. Bila laju pertumbuhan ini tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi, maka hal ini akan mengakibatkan angka kemiskinan akan semakin meningkat di suatu negara.

2. Lapangan kerja yang terbatas menyebabkan angka pengangguran di suatu negara menjadi tinggi. Semakin banyak pengangguran maka angka kemiskinan juga akan meningkat.

3. Masyarakat yang tingkat pendidikannya rendah cenderung tidak memiliki keterampilan, wawasan, dan pengetahuan yang memadai. Sehingga mereka tidak bisa bersaing dengan masyarakat yang berpendidikan tinggi di dunia kerja maupun dunia usaha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN