Mohon tunggu...
meyda nur rohmah
meyda nur rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penulis pemula

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Puasa untuk Pemula (AUD)

9 Mei 2019   09:57 Diperbarui: 9 Mei 2019   10:11 11 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum Wr. Wb , Marhaban Ya Ramadhan

Telah datang bulan suci ramadhan 1440 H/ 2019 , dimana setiap umat islam akan berperang melawan hawa nafsunya dari terbitnya fajar (subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib). Dimana selama itu pula umat islam tidak makan dan minum, menjaga perkataan, perilaku, dan perbuatannya. Dibulan puasa sendiri disebut bulan dengan penuh amalan dimana setiap umat islam berlomba untuk mendapatkan pahala dari Allah melalui membaca Al-Qur'an, bersedekah, dzikir dan masih banyak lagi.

Taukah anda bahwa puasa 1 hari penuh diwajibkan bagi umat islam yang telah balight dan mampu, namun pembelajaran untuk berpuasa juga dapat diterapkan sedari dini kepada anak-anak. Pembiasaan berpuasa haruslah bertahap tidak langsung menyuruh anak untuk berpuasa 1 hari penuh.

Seperti yang dilakukan oleh bu Sholikah terhadap anaknya Nayla. Nayla sendiri mulai diajari untuk berpuasa ketika ia berada diTK A , pada saat itu Nayla berpuasa hanya setengah hari dan itupun tidak setiap hari. Hal ini dilakukan bu sholikah untuk memberitahu nayla seperti apa puasa itu dan ibu sholikah juga memberikan kue kepada nayla jika ia mampu berpuasa hingga jam 12.

Pada tahun berikutnya tepatnya saat nayla di TK B, hal sama juga dilakukan oleh bu sholikah namun perbedaannya nayla mampu untuk berpuasa setengah hari hampir setiap hari dibulan puasa. Ditahun berikutnya tepatnya saat nayla kelas 1 MI, nayla sudah mampu untuk berpuasa setengah hari dibulan puasa tanpa ada yang bolong dan tidak diberi imbalan kue oleh bu sholikah.

Dan ditahun ini tepatnya nayla berada di tingkat kelas 2 MI, nayla sudah mampu untuk berpuasa 1 hari full dari awal puasa tgl 6 mei 2019 hingga 9 mei 2019. Kemajuan yang ditunjukkan oleh nayla merupakan hasil dari pembiasaan dan pembelajaran puasa yang di berikan oleh bu sholikah dengan awal memberikan hadiah atau reward kepada Nayla.

Pada dasarnya pembiasaan dapat membuahkan hasil jika dilakukan terus menerus dan konsisten.
Semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan dapat dijadikan cara untuk mengajarkan anak dalam menjalankan puasa.

Sekian terima kasih Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sholikah : ibu dari penulis
Nayla : adik dari penulis

VIDEO PILIHAN