Mohon tunggu...
Mex Rahman
Mex Rahman Mohon Tunggu... Wiraswasta - Son-Brother-Friend

Bermimpi tiduri Monica Bellucci

Selanjutnya

Tutup

Love Artikel Utama

Antara Lagu "Kasih Ibu" dan Pertimbangan Sebelum Punya Anak

14 Maret 2021   00:31 Diperbarui: 17 Maret 2021   17:01 2436
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi keluarga yang sedang berlibur. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Kasih Ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi
Tak harap kembali

Bagai sang surya
Menyinari dunia

Waktu kecil dulu, saya berfikir bahwa lagu Kasih Ibu gubahan SM Mochtar tersebut adalah sebuah bentuk penghargaan anak kepada ibunya yang telah menyayanginya, merawatnya dengan segenap cinta kasih, dan jiwa raga.

Namun kini ketika saya sudah dewasa dan nantinya pasti akan mempunyai anak, saya tahu bahwa lagu tersebut bukan hanya sebuah bentuk penghargaan anak kepada ibunya, tapi juga sebuah nasihat kepada saya yang kelak akan menjadi orang tua bagi anak saya.

Memang, saya adalah seorang laki-laki dan lagu di atas adalah tentang seorang ibu, dan seorang ibu adalah perempuan. Apabila saya tetap keras kepala memaknai lagu tersebut sesuai lirik yang merujuk pada seorang ibu, maka saya tidak bisa mengambil hikmah dari lagu di atas sebagai bekal menjadi orang tua nanti. Karena sampai kapanpun saya tidak akan bisa menjadi seorang ibu.

Maka dari itu, saya akan menganggap sosok ibu di lagu tersebut adalah orang tua. Namanya orang tua tidak hanya seorang ibu, seorang ayah juga merupakan orang tua. Nah, kalau begini, saya kan jadi bisa mengambil hikmah dari lagu di atas, hahaha. Maksa dikit gapapa, ya. Hahaha.

Okay kembali lagi ke "Kasih Ibu". Lagu ciptaan MS Mochtar ini tentu saja bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum punya anak. Lirik dalam lagu ini mengandung nasihat yang sangat komplit bagi pasangan yang akan mempunyai keturunan.

Bagaimana tidak, coba saja lihat makna yang tersimpan dalam setiap baitnya.

1. Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun