Mohon tunggu...
Mex Rahman
Mex Rahman Mohon Tunggu... Wiraswasta - Son-Brother-Friend

Bermimpi tiduri Monica Bellucci

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Australia Open 2021: Rafael Nadal Tersingkir

17 Februari 2021   23:49 Diperbarui: 18 Februari 2021   00:21 171 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Australia Open 2021: Rafael Nadal Tersingkir
Rafael Nadal (Ilustrasi: essentiallysports.com)

Hari ke-10 gelaran Australia Open 2021 menampilkan pertarungan hebat yang terjadi di babak perempat final antara Stefanos Tsitsipas melawan Rafael Nadal.

Nadal yang telah mengoleksi 20 trofi Grand Slam (raihan yang sama dengan Roger Federer) harus rela menunda ambisinya untuk menjadi petenis dengan gelar Grand Slam terbanyak di dunia setelah dirinya takluk oleh petenis Yunani unggulan ke-5, Stefanos Tsitsipas dalam pertarungan panjang dan melelahkan yang berlangsung selama hampir 4 jam. Nadal harus mengakui bahwa Tsitsipas tampil lebih baik dari dirinya setelah keduanya bertarungan dalam pertarungan 5 set.

Tampil menjanjikan sejak awal, Nadal menutup set pertama dengan kemenangan telak 6-3. Dominasi petenis Spanyol unggulan 2 ini berlanjut di set kedua dan menutup set ini dengan skor yang lebih telak 6-2.

Kemenangan mudah yang didapatkan Rafa di 2 set awal tidak membuat Stefanos Tsitsipas gentar. Bintang Yunani ini mampu keluar dari tekanan yang terus dilancarkan oleh Nadal di set ketiga. Dengan semangat juang yang tinggi, Tsitsipas menutup set ini dengan skor ketat 7-6 tie break 7-4. Set ketiga inilah awal epic comeback dari petenis Yunani berusia 22 tahun tersebut.

Set keempat, kedua petenis menampilkan permainan berkelas. Relly-relly panjang menawan terjadi hampir di sepanjang set ini. Namun Tsitsipas yang sedang berada di puncak kepercayaan dirinya setelah berhasil merebut set ketiga, mampu menjinakkan permainan impresif Nadal dan kembali memenangi set ini dengan skor 6-4. 

Laga harus dilanjutkan ke set penentuan. Di set inilah, mental, taktik, strategi, serta stamina bagi kedua pemain diuji. Keduanya bermain imbang di set ini. Relley-relly panjang menawan masih dipertontonkan oleh kedua petarungan di sepanjang set ini. Namun, Tsitsipas yang berusia 12 tahun lebih muda dari Nadal mampu memanfaatkan keunggulan dari segi stamina. 

Kombinasi pukulan silang dan lurus yang dilancarkan oleh Tsitsipas tampak sangat menguras stamina Nadal. Langkah kaki petenis Spanyol berusia 34 ini terlihat lebih berat daripada set sebelumnya, hal ini membuatnya sering sulit menjangkau bola hasil pukulan Tsitsipas. Hingga pada akhirnya pukulan backhand  lurus Tsitsipas yang tak mampu dikejar Nadal mengakhiri laga fantastis ini dengan skor ketat 7-5.

"Saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkan apa yang baru saja terjadi. Rasanya luar biasa bisa bertarung di level seperti ini. Saya hanya bisa memberikan segalanya di lapangan", ucap Stefanos Tsitsipas setelah melakukan comeback menakjubkan yang nyaris belum pernah terjadi sebelumnya di Australia Open, dengan mengalahkan Nadal untuk mencapai semifinal.

Stefanos Tsitsipas (Ilustrasi: ubitennis.net)
Stefanos Tsitsipas (Ilustrasi: ubitennis.net)

Sementara itu, dari laga quarter final lainnya yang terjadi di hari yang sama, petenis Rusia unggulan ke-4,Daniil Medvedev tanpa kesulitan berarti mampu melenggang ke semifinal dengan mengalah rekan senegaranya yang menempati posisi unggulan ke-7, Andrey Rublev. Medvedev memenangi laga tersebut dengan tiga set langsung, 7-5, 6-3, dan 6-2. Di semifinal, Medevedev akan berhadapan dengan Tsitsipas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN