Mex Rahman
Mex Rahman Wiraswasta

Son, Brother, Friend

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL 2018-2019

7 Desember 2018   14:17 Diperbarui: 7 Desember 2018   14:46 347 0 0
Jelang Pekan Terakhir Fase Grup UCL 2018-2019
Ilustarsi: bola.net

EUFA Champions League 2018-2019 telah memasuki pekan terakhir babak penyisihan grup, artinya masing-masing tim dari setiap grup menyisakan satu laga terakhir setelah menjalani 5 laga sebelumnya. Pertandingan terakhir fase grup yang akan dihelat pada tanggal 12 dan 13 Desember 2018 ini menjadi ajang penentu bagi beberapa tim yang masih belum dipastikan melaju ke fase knock out. 

Beberapa raksasa Eropa telah memastikan diri berlaga di babak gugur (16 besar) setelah poin yang dikumpulkan hasil dari 5 laga sebelumnya tidak mungkin terkejar oleh para kompetitornya. Meski demikian, fase grup tidak serta merta menjadi fase yang mudah bagi beberapa tim raksasa lainnya. Tercatat beberapa tim besar harus berjuang melakoni laga terakhirnya untuk menentukan nasib bertahan di kompetisi sepakbola kasta tertinggi anatar klub benua biru ini.

Laga terakhir fase grup selalu menarik untuk disaksikan dan dibahas. Berikut jadwal dan sedikit ulasan jelang pekan terakhir fase grup UCL 2018-2019:

Grup A

Atletico Madrid dan Borussia Dortmund menjadi dua tim teratas yang sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar. Atletico Madrid menjadi pemuncak klasemen dengan poin 12 hasil dari 4 kali menang dan sekali menderita kekalahan. Sedangkan Dortmund menguntit diposisi kedua dengan raihan 10 angka hasil 3 kemengan, 1 seri dan 1 kekalahan. Raihan kedua tim ini tidak bisa dikejar lagi oleh pesaing terdekatnya yaitu Club Brugge yang baru mengoleksi 5 poin.

Dalam laga terakhir yang akan dihelat Rabu 12 Desember 2018 pukul 03.00 WIB, Atletico Madrid akan bertandang ke markas Club Brugge, sementara Dortmund akan dijamu wakil Prancis, AS Monaco.

Grup B

Tiket 16 besar akan diperebutkan oleh dua tim besar Eropa yaitu, Tottenham Hotspur dan raksasa Italia yang baru kembali ke liga champions musim ini, Inter Milan. Tottenham dan Inter yang baru mengoleksi 7 poin hasil dari 2 kemenangan, sekali imbang dan satu kekalahan akan memperebutkan posisi runner-up, mengingat status kampiun grup B sudah dipastikan menjadi milik raksasa Catalan, Barcelona yang sudah mengumpulkan 13 poin hasil dari 4 kali menang dan sekali imbang.

The Lilywhites yang saat ini berada di posisi kedua klasemen grup B unggul agresifitas gol atas Inter Milan, terancam gagal melaju ke fase knock out, pasalnya di laga terakhir Harry Kane dkk harus bertandang ke Camp Nou  markas Barcelona yang terkenal "tidak ramah" bagi lawan.

Sedangkan bagi Il Nerazzuri, laga pamungkas ini tampaknya relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan Tottenham. Anak asuh Luciano Spalletti akan menjamu penghuni dasar klasemen grup B, PSV Eindhoven yang sudah tidak memiliki peluang lolos ke babak selanjutnya. Namun perlu diingat, PSV adalah pemuncak klasemen liga Belanda saat ini. Perlu diingat juga sebelum menjamu PSV, Inter harus menjalani big match di kandang Juventus dalam lanjutan Serie A besuk pukul 02.30 WIB.

Menarik untuk dinantikan hasilnya, siapa pendamping Barcelona lolos ke fase knock out? Laga terakhir grup B akan berlangsung 12 Desember 2018 mendatang pukul 03.00 WIB.

Grup C

Grup C menjadi grup yang paling ketat. Tiga tim teratas masih berpeluang untuk melaju ke 16 besar. Klasemen sementara menempatkan Napoli di puncak dengan poin 9. Disusul oleh PSG di tempat kedua dengan 8 poin dan Liverpooldi posisi 3 yang baru mengoleksi 6 angka. Kekalahan di laga terakhir bagi ketiga tim tersebut, bisa berakibat fatal.

Di pekan terakhir, Liverpool akan menjamu Napoli di Anfield. Anak asuh Jurgen Klopp dituntut harus menang untuk menjaga peluang lolos. Kekalahan atau hasil imbang bagi Liverpool otomatis membuat mereka tersingkir dari panasnya persaingan Liga Champions. Sementara kemenangan membuat peluang mereka terjaga untuk lolos ke fase gugur. 

Jika Liverpool menang, maka poin menjadi sama dengan Napoli yaitu 9 sehingga peluang untuk lolos ditentukan oleh hasil dari laga lainnya yang mempertemukan Red Star vs PSG. Sedangkan bagi PSG kemengan di laga terakhir melawan Red Star membawa Neymar dkk otomatis berlaga di 16 besar.

Berikut skema lolos bagi ketiga tim ini. Jika Napoli menang dan PSG menang, maka Napoli menjadi juara grup C dengan poin 12 dan PSG di posisi kedua dengan poin 11. Jika Liverpool menang dan PSG menang, maka poin Liverpool menjad 9 sama dengan Napoli, selisih gol akan meloloskan salah satu tim, PSG otomatis lolos sebagai juara grup dengan poin 10. 

Jika Liverpool menang dan PSG kalah maka Napoli dan Liverpool yang berhak melenggang ke knock out stage, karena Napoli dan Liverpool sama-sama memperoleh 9 poin sedangkan PSG 8 poin. Jika Liverpool dan Napoli imbang sedangkan PSG menang/imbang/kalah, maka Liverpool otomatis tersingkir.

Kita nantikan saja hasil dari persaingan ketat grup C setelah laga yang berlangsung pada 12 Desember 2018 mendatang pukul 03.00 WIB.

Grup D

Tiket 16 besar dari grup D sudah menjadi milik Porto dan Schalke 04 dengan koleksi 13 poin dan 8 poin. Torehan ini sudah tidak mungkin bisa dikejar oleh pesaing terdekat mereka yaitu Galatasaray yang baru memperoleh 4 poin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2