Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... Lainnya - senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Trik Praktis Mengusir Semut dari Rumah

4 November 2021   20:48 Diperbarui: 4 November 2021   21:42 193 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kumpulan semut. Foto: Petr Ganaj, pexels.com

Dibandingkan dengan musim penghujan, kebanyakan orang lebih menyukai musim kemarau, cuaca meskipun panas dan kering, namun setidaknya tidak menghambat aktifitas sebagaimana di musim penghujan. Sinar matahari dan udara segar sangat bagus untuk kita, tetapi messkipun demikian musim kemarau juga membawa kekurangannya sendiri. 

Salah satu masalah yang dihadapi banyak orang di bulan-bulan musim kemarau adalah serangga. Mereka tampaknya muncul entah dari mana dan bisa jadi sangat mengganggu. Terutama semut yang dapat menjadi gangguan nyata karena mereka sangat tertarik pada sisa-sisa makanan.

Ketertarikan inilah yang menyebabkan koloni semut yang seolah tak ada habisnya yang secara teratur menyerbu taman, teras rumah, atau bahkan dapur di rumah kita. Meskipun semut itu berukuran kecil dan tidak berbahaya, namun mereka jelas tidak terlalu higienis dan jika mampir di makanan kita, akan sangat tidak menyenangkan. 

Meskipun ada sejumlah pestisida kimia yang tersedia untuk mengatasi masalah gangguan dari semut-semut ini, penggunaan produk-produk pestisida kimia juga bukan pemikiran yang tepat dan menyenangkan. 

Tentu tidak ada seorangpun yang ingin membom dapur mereka sendiri dengan bahan pestisida kimia hanya untuk menyingkirkan beberapa semut yang mengganggu. Ini terutama sekali jika kita memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.

Jika kita mengalami kesulitan dalam mencari cara untuk mencegah semut mengambil alih dapur atau rumah kita, tentu ada beberapa cara hebat untuk menyingkirkannya. Dan tentu saja kita ingin mengatasi masalah gangguan semut ini seperti slogan pegadaian, yakni mengatasi masalah tanpa masalah. Untuk itu saya ingin berbagi dengan rekan kompasianer bagaimana menyelesaikan masalah semut ini dengan trik sederhana dan yang dibutuhkan hanyalah bahan yang mungkin sudah ada tersedia di rumah?

Kayu manis
Salah satu alasan semut bisa sangat mengganggu adalah indra penciumannya yang luar biasa, yang memungkinkan mereka menemukan sumber makanan dari jarak yang cukup jauh. Untungnya, indra penciuman ini juga merupakan alat yang hebat untuk memastikan mereka menjauh. 

Semut membenci bau kayu manis, yang membuatnya sangat mudah untuk mengusir mereka. Yang harus Anda lakukan adalah mencampur minyak kayu manis dengan air dan menerapkan beberapa campuran ini ke area di mana Anda sebelumnya melihat keberadaan semut. 

Anda juga dapat menempatkan tabung kayu manis di dekat jendela atau pintu untuk mencegah semut masuk ke dalam rumah. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan pendekatan yang lebih radikal dengan langsung menyemprot si pengacau kecil itu dengan campuran air dan minyak kayu manis.

Cuka
Semut bereaksi sangat kuat terhadap cuka, yang membuat barang rumah tangga murah ini ideal saat mencoba menyingkirkannya. Cara termudah menggunakan cuka untuk tujuan ini adalah dengan membuat campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1, dan langsung menyemprot koloni semut dengannya. Anda juga bisa mengaplikasikannya pada jendela dan pintu atau tempat-tempat yang biasa dilewati oleh semut. Untuk memastikan cara ini berhasil, Anda harus mengoleskan campuran cuka secara teratur sampai semut berhenti menjadi masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan