Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Aplikasi untuk Teman Ngabuburit, Harus Selektif Demi Meningkatkan Kualitas Puasa

24 April 2021   20:15 Diperbarui: 24 April 2021   20:19 411 38 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi untuk Teman Ngabuburit, Harus Selektif Demi Meningkatkan Kualitas Puasa
Ilustrasi: teknorus.com

Tak bisa dipungkiri kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan bagi orang-orang dan melahirkan trend.

Salah satunya adalah penggunaan aplikasi smartphone yang memudahkan segala macam kebutuhan, apalagi di saat bulan puasa Ramadhan dan masih dalam kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir ini.

Pembatasan aktifitas demi memutus mata rantai penyebaran covid-19, mengharuskan kita lebih banyak beraktifitas dari rumah.
Dengan lingkup aktifitas yang terbatas ini, tentunya akan sangat membosankan jika tidak bisa diisi dengan hal-hal yang positif, apalagi dalam kondisi puasa yang harus dilalui selama sebulan penuh.

Nah teknologi masa kini telah menghadirkan banyak aplikasi smartphone yang bisa menjadi jendela bagi kita untuk melihat dunia secara luas dari rumah sendiri.

Trend penggunaan aplikasi smartphone ini telah meluas di kalangan masyarakat, dan memang sangat-sangat memberi kemudahan dalam memenuhi kebutuhan aktualisasi diri secara virtual.

Namun demikian kemajuan teknologi ini disamping memberikan dampak positif, juga tentu ada dampak negatifnya jika kita tidak mampu memilah dan memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Demikian juga halnya dalam mengisi hari-hari puasa, sudah selayaknya diisi dengan hal-hal yang positif, yang menambah keimanan, pengetahuan serta meningkatkan kualitas diri. Pemilihan aplikasi yang akan kita tonton atau simak sebaiknya adalah aplikasi yang dapat meningkatkan kualitas puasa kita baik secara spiritual maupun secara umum.

Aplikasi apa sih yang sebaiknya kita gunakan dalam mengisi hari-hari puasa kita atau ngabuburit kita.? Ini tentu menjadi pertanyaan banyak dari kita. Sebenarnya semua jenis aplikasi itu baik selama tidak menyebabkan ibadah puasa kita terganggu dan sia-sia, apalagi jika sampai merusak kualitas ibadah kita.

Nah untuk menjaga ibadah puasa kita tetap berkualitas dan menyenangkan ngabuburit virtual lewat aplikasi yang tepat , ada beberapa aplikasi yang mungkin bisa jadi pilihan.

- Aplikasi Islami
Saat ini ada banyak aplikasi islami yang dengan mudah diunduh melalui smartphone. Mulai dari tuntunan sholat, berwudlu, pengingat adzan, Alquran digital hingga aplikasi yang menambah wawasan Islam.
Beberapa aplikasi yang bisa dicoba antara lain:

> Alquran bahasa Indonesia
> Tanya jawab islam
> Kumpulan doa terlengkap
> Sahih Al Bukhari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN