Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Pallu Butung Hidangan Berbuka Puasa, Mau yang Panas atau Dingin Sama Mantapnya

9 April 2021   22:15 Diperbarui: 9 April 2021   22:18 124 32 9 Mohon Tunggu...

Kurang dari seminggu lagi kita sudah masuk di bulan Ramadhan, kita tentu ingin membuat setiap Ramadhan kita, terlebih Ramadhan tahun ini menjadi lebih berkesan, baik itu secara spiritual dan juga keseharian kita dalam menjalankan ibadah puasa, dimana salah satu hal yang bisa membuat kesan yang baik adalah menghadirkan hidangan puasa yang bergizi, nikmat dan menyehatkan bagi keluarga kita.

Nah bagi Bunda-bunda K-neresers yang masih mikirin hidangan untuk puasa, nih saya mau berbagi hidangan khas Sulawesi Selatan, orang Bugis Makassar yakni Pallu Butung.

Pallu Butung ini sejenis kolak pisang yang nikmat dijadikan hidangan buka puasa sebelum makan berat, bisa disajikan hangat atau lebih nikmat lagi kalau disajikan dingin sebagai es Pallu Butung, ini tergantung selera dan kondisi cuaca, kalau cuaca saat berbuka puasa itu sedang hujan atau dingin akan nikmat kalau Pallu Butung disantap selagi masih mengepul.

Kita coba yuk Bunda
Bahan-bahan:

6 buah pisang kepok yang sudah matang
600 ml santan kental
80 gram gula pasir
40 gram tepung beras
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan simpul.

Pelengkap:
Sirup DHT (sirup khas Makassar) atau
Sirup coco pandan.

Cara membuat:
- Kukus pisang hingga matang, kupas dan potong menjadi masing-masing 4 bagian sisihkan.

- Campur tepung beras, garam, sedikit santan lalu saring dan sisihkan.

- Masak santan, gula, daun pandan hingga beruap, kemudian masukkan pisang yang sudah dipotong-potong tadi. Lalu masukkan adonan tepung aduk dengan perlahan agar santan tidak pecah dan tidak menggumpal, masak hingga meletup-letup lalu angkat.

Sajikan dimangkuk kalau ingin disantap panas-panas juga nikmat tergantung selera tambahkan sirup DHT atau sirup Coco pandan (opsional sirup tergantung selera). Jika suka disantap dingin bisa ditambahkan es batu atau dimasukkan ke dalam kulkas.

Selamat mencoba.

VIDEO PILIHAN