Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengapa Gen Z Membutuhkan Lebih Banyak Kesenangan di Tempat Kerja?

4 Juni 2024   20:06 Diperbarui: 4 Juni 2024   20:16 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Generasi Z, atau yang sering disebut Gen Z, merupakan generasi yang tumbuh di era digital dan teknologi yang serba cepat. Mereka membawa perspektif dan kebutuhan unik ke dunia kerja, termasuk kebutuhan yang lebih tinggi untuk kesenangan di tempat kerja.

Mengapa demikian? Mari kita telaah lebih dalam.

Pentingnya Interaksi Sosial dan Kesenangan di Tempat Kerja

Bagi Gen Z, tempat kerja tidak hanya sekadar tempat untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan, tetapi juga lingkungan penting untuk interaksi sosial. Gen Z sering kali terbiasa bekerja dan berinteraksi di ruang yang sama melalui pertemuan video dibandingkan bertemu langsung sambil minum kopi.

Namun demikian, menurut penelitian dari McKinsey, mereka melaporkan tingkat kesejahteraan emosional dan sosial yang lebih rendah dibandingkan kelompok usia lainnya. Ini penting karena kesejahteraan yang rendah berkorelasi dengan kinerja yang lebih buruk di tempat kerja.

Manfaat Bersenang-senang di Tempat Kerja

  • Meningkatkan Produktivitas: Kesenangan dapat meningkatkan suasana hati dan energi, yang berkontribusi pada peningkatan produktivitas. Ketika karyawan merasa senang dan terlibat, mereka lebih cenderung bekerja dengan lebih efisien dan kreatif.
  • Meningkatkan Kesejahteraan EmosionalMenghabiskan waktu bersama rekan kerja dalam suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan kesejahteraan emosional. Hubungan sosial yang kuat di tempat kerja dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.
  • Meningkatkan Retensi Karyawan: Tempat kerja yang menyenangkan membuat karyawan lebih puas dengan pekerjaan mereka, yang dapat mengurangi tingkat pergantian karyawan. Karyawan yang merasa bahagia dan dihargai cenderung bertahan lebih lama dalam perusahaan.
  • Meningkatkan Kolaborasi dan Keterhubungan: Kegiatan yang menyenangkan dapat memfasilitasi koneksi yang lebih kuat antara rekan kerja, meningkatkan kerjasama dan timbal balik. Koneksi yang kuat ini dapat meningkatkan kerja tim dan komunikasi.

Definisi Kesenangan Menurut Catherine Price

Menurut Catherine Price, penulis dan jurnalis sains, "kegembiraan sejati" adalah pertemuan dari tiga kondisi psikologis: keceriaan, keterhubungan, dan aliran. Keceriaan adalah melakukan sesuatu demi kesenangan itu sendiri. Keterhubungan adalah merasa terhubung dengan orang lain atau diri sendiri.

Flow adalah terlalu asyik dengan pengalaman saat ini sehingga lupa waktu. Menghindari "aliran sampah" (konsumsi pasif seperti menonton TV atau terus-menerus menelusuri ponsel) juga penting untuk mencapai kesenangan sejati.

Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal

Beberapa Pendekatan untuk Membuat Kesenangan di Tempat Kerja Menjadi Menyenangkan, yaitu sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun