Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Merancang Change Management and Cultural Transformation"- - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" - Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Kisah Sukses Pasar B2B Baru dari Pertanian ke Tablet

4 Agustus 2023   07:30 Diperbarui: 4 Agustus 2023   07:50 484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: McKinsey & Company

Kisah Sukses Siam Makro dalam Menciptakan Pasar B2B Baru di Tengah Tantangan Pandemi (Dari Pertanian ke Tablet)

Selama pandemi global, tantangan besar menghadang bisnis di seluruh dunia, termasuk di industri pangan dan perhotelan. Namun, dari situasi sulit ini muncul sebuah kisah inspiratif tentang bagaimana sebuah perusahaan ritel terbesar di Asia Tenggara, Siam Makro, berhasil menghadapi perubahan dengan menciptakan pasar B2B baru.

Dalam kemitraan yang sukses dengan McKinsey, Siam Makro berhasil membangun platform Makro PRO, yang tidak hanya meningkatkan ketahanan rantai pasokan tetapi juga membuka peluang bagi bisnis lokal dan petani kecil.

Mari kita lihat bagaimana perjalanan transformasi mereka menjadi sebuah kesuksesan dan apa yang bisa dipetik dari kisah inspiratif ini.

Membuka Peluang Baru

Sebagai peritel terkemuka di Thailand, Siam Makro menyadari potensi besar yang ada dalam memenuhi kebutuhan lebih dari 350.000 restoran, kafe, dan hotel di seluruh negeri.

Namun, sebelum transformasi digital, Siam Makro hanya mampu menangkap 10% dari pembelanjaan pelanggan. Inilah yang mendorong mereka untuk mencari solusi inovatif.

Transformasi Digital dengan Kemitraan: 

Dalam perjalanan menciptakan pasar B2B baru, Siam Makro bermitra dengan McKinsey untuk mengidentifikasi strategi yang tepat dan memimpin dengan teknologi. Bersama-sama, mereka menciptakan platform Makro PRO, di mana pemilik bisnis dapat mengakses tampilan real-time inventaris grosir dari ratusan pemasok dalam satu aplikasi.

Pengalaman ini merupakan pengalaman baru bagi Siam Makro, dan mereka membutuhkan kumpulan teknologi dan arsitektur yang sangat solid dan siap untuk masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun