Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Vladimir Putin Memproklamirkan Empat Wilayah Ukraina Menjadi Bagian Rusia

2 Oktober 2022   10:00 Diperbarui: 4 Oktober 2022   04:15 1032 37 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Presiden Rusia Vladimir Putin menjabat tangan para veteran dan personel militer dalam parade Victory Day di Lapangan Merah, Moskwa, Rabu (9/5/2018). (AFP/ALEXEI DRUZHININ via kompas.com)

Presiden Rusia Vladimir Putin memproklamirkan empat wilayah Ukraina (Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia) menjadi bagian negara Rusia.

Dalam upacara Kremlin yang penuh kemegahan dan menjanjikan Moskow akan menang dalam "operasi militer khusus" menghadapi militer baru yang berpotensi serius.

Proklamasi kekuasaan Rusia atas 15% Ukraina, yang merupakan aneksasi terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua, ditolak mentah-mentah oleh Ukraina dan negara-negara Barat sebagai tindakan ilegal. Amerika Serikat, Inggris dan Kanada mengumumkan sanksi baru pada Rusia.

Presiden Ukraina Volodymr Zelenskiy mengatakan negaranya telah mengajukan aplikasi jalur cepat untuk bergabung dengan aliansi militer NATO dan bahwa dia tidak akan mengadakan pembicaraan damai dengan Rusia selama Putin masih menjadi presiden.

Image: Presiden Putin bersama Wakil 4 wilayah Ukraina yang memproklamirkan menjadi bagian Rusia (Photo: Mikhail Metzel/Sputnik via Reuters)
Image: Presiden Putin bersama Wakil 4 wilayah Ukraina yang memproklamirkan menjadi bagian Rusia (Photo: Mikhail Metzel/Sputnik via Reuters)

Putin dalam salah satu pidato anti-Amerika terberatnya selama lebih dari dua dekade berkuasa, mengisyaratkan bahwa dia siap untuk melanjutkan apa yang dia sebut pertempuran untuk "Rusia yang lebih bersejarah". 

Di lain kesempatan, Putin juga mengecam Barat ingin menghancurkan Rusia dan, juga menuduh Washington dan sekutunya meledakkan pipa gas Nord Stream.

Menurut Putin, rakyat empat wilayah Ukraina, yakni: Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia telah membuat pilihan bersejarah dalam sebuah referendum untuk bergabung bersama negara Rusia untuk hidup dengan nasibnya, dan untuk menang bersamanya. Namun, hal tersebut dikecam oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan pemerintah Barat sebagai ilegal dan memaksa.

Resolusi Dewan Keamanan PBB 30 September 2022 yang diajukan oleh Amerika Serikat dan Albania mengutuk pencaplokan Moskow atas bagian-bagian Ukraina.

Image: Masyarakat Rusia menghadiri proklamasi 4 wilayah Ukrainan menjadi bagian Rusia (Photo: Reuters Photographer)
Image: Masyarakat Rusia menghadiri proklamasi 4 wilayah Ukrainan menjadi bagian Rusia (Photo: Reuters Photographer)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan