Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Ternyata IT Perusahaan Ikut Memberikan Kontribusi Emisi Karbon Global

21 September 2022   09:13 Diperbarui: 21 September 2022   09:18 166 31 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image: Emisi teknologi perusahaan global berdasarkan segmen industri (File by Merza Gamal)

Saat ini, perusahaan dan pemerintah mencari Artificial Intelligence (AI), teknologi baru, dan model bisnis yang digerakkan oleh teknologi untuk membantu memerangi perubahan iklim. Akan tetapi, semua itu, dapat mengurangi tujuan yang tinggi ketika tidak jelas bagaimana menggunakan teknologi terbaik.

McKinsey Institute meneliti bagaimana para pemimpin teknologi dapat menggunakan strategi "pertahanan" untuk mengurangi emisi perusahaan. Koreksi Praktik IT akan menjadi langkah penting dalam dekarbonisasi, dan yang bahkan dapat menghemat uang perusahaan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dampak paling besar pada emisi yang dihasilkan IT dapat ditemukan di tempat-tempat yang tidak terduga.

Perusahaan dan pemerintah yang ingin memerangi perubahan iklim beralih ke teknologi untuk bantuan. Artificial Intelligence (AI) yang merupakan teknologi baru, dan beberapa model bisnis berbasis teknologi yang menjanjikan telah meningkatkan harapan untuk kemajuan yang luar biasa.

Namun demikian, para pemimpin teknologi perusahaan (CIO=Chief Information Officer), Kepala Petugas Inovasi Digital (CDIO), dan Kepala Petugas Teknologi (CTO), tidak selalu berhasil mengubah ambisi iklim menjadi kenyataan. Salah satu alasan terbesar adalah bahwa fakta -fakta sulit dan jalur aksi yang jelas langka. Kesalahpahaman dan informasi yang salah telah mengaburkan gambaran apa yang harus dilakukan oleh CIO dan para pemimpin teknologi di perusahaan.

McKinsey Institute telah melakukan analisis luas tentang di mana teknologi dapat memiliki dampak terbesar pada pengurangan emisi dengan membagi peran teknologi menjadi dua jenis kegiatan utama:

  • Penggunaan teknologi dan analitik untuk memotong emisi dengan mengurangi (meningkatkan efisiensi operasional), mengganti (menggeser kegiatan yang menghasilkan emisi ke alternatif yang lebih bersih), dan mengimbangi (membeli kredit karbon untuk mengkompensasi emisi yang tidak berkaitan).
  • Pertahanan sebagai tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi emisi dari teknologi perusahaan selama ini

Kegiatan pertahanan adalah wilayah CIO, sebagai pemimpin yang dapat bertindak secara mandiri dan cepat. CIO memiliki kontrol langsung khususnya pada elemen IT. Emisi dari terkait IT  terutama ada pada penggunaan listrik untuk operasi IT yang dimiliki perusahaan, seperti untuk menjalankan pusat data dan perangkat di tempat (diklasifikasikan sebagai Ruang Lingkup 2 oleh Greenhouse Gas Protocol), dan emisi tidak langsung dari perangkat teknologi yang dibeli dan dibuang CIO (Ruang Lingkup 3)

Untuk memahami emisi yang terjadi pada perangkat IT, McKinsey melakukan Analisis Emisi Teknologi Perusahaan terhadap emisi IT bisnis dari perangkat keras, perangkat lunak, layanan TI, peralatan komunikasi perusahaan, perangkat seluler, layanan jaringan tetap dan seluler, dan tim teknologi internal yang digunakan perusahaan untuk berjalannya operasional yang merupakan bagian kendali dari CIO.

Analisis yang dilakukan termasuk emisi yang terkait dengan siklus hidup penuh dari produk dan layanan yang digunakan oleh fungsi IT perusahaan, termasuk pengembangan, pengiriman, penggunaan, dan akhir masa guna. Untuk analisis emisi layanan internal, McKinsey mengasumsikan sekitar 40 persen pekerja IT bekerja dari rumah.

Analisis ini tidak termasuk emisi dari produk dan layanan teknologi yang dijual perusahaan (seperti kapasitas pusat data yang dijual oleh hyperscaler), perangkat teknologi operasional (seperti sensor dan sistem point-of-sale), dan penambangan cryptocurrency.

Analisis yang dilakukan McKinsey tersebut mengungkap beberapa fakta yang melanggar beberapa pandangan umum tentang emisi teknologi perusahaan. Fakta-fakta ini melibatkan sejumlah besar emisi terkait teknologi yang merupakan bagian emisi dari perangkat pengguna akhir, berbagai opsi mitigasi yang tersedia, dan dampak yang menguntungkan dari pemindahan ke komputasi awan (i-cloud).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan