Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Komitmen 150 Juta Dolar Joe Biden kepada Para Pemimpin ASEAN

14 Mei 2022   10:05 Diperbarui: 14 Mei 2022   15:26 360 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image: Presiden AS Joe Biden berjalan ke South Lawn bersama para pemimpin ASEAN untuk berfoto bersama pada KTT AS-ASEAN (REUTERS/Leah Millis)

Presiden AS Joe Biden membuka pertemuan para pemimpin Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN pada Kamis 12 Mei 2022 waktu setempat (atau Jumat 13 Mei waktu Indonesia). 

Delapan pemimpin pemerintahan dari 10 negara ASEAN hadir. Dua yang tidak hadir adalah Pemimpin Myanmar dikeluarkan karena kudeta tahun lalu dan Presiden Filipina karena berada dalam transisi setelah pemilihan umum.

Dalam pertemuan tersebut Biden berjanji akan menghabiskan $150 juta untuk infrastruktur, keamanan, kesiapsiagaan pandemi, dan upaya lain mereka untuk melawan pengaruh saingannya China.

Sementara invasi Rusia ke Ukraina ada dalam agenda, pemerintahan Biden berharap upaya tersebut akan menunjukkan kepada negara-negara bahwa Washington tetap fokus pada Indo-Pasifik dan tantangan jangka panjang China, yang dipandangnya sebagai pesaing utama negara itu.

Pertemuan pertama KTT ASEAN selama dua hari yang akan diadakan di Washington terjadi saat AS berupaya memperkuat hubungan dengan negara-negara Asia Tenggara sebagai bagian dari strategi Indo-Pasifik dalam menanggapi ekspansi China.

Sebelumnya pada hari Jumat (13/5/2022), Wakil Presiden AS Kamala Harris mengatakan bahwa "Amerika Serikat dan ASEAN telah berbagi visi untuk kawasan ini, dan bersama-sama akan menjaga dari ancaman terhadap aturan dan norma internasional."

Apa yang dimaksud dengan paket $150 juta?

Gedung Putih berkomitmen $60 juta untuk inisiatif maritim baru, termasuk pengerahan kapal penjaga pantai dan personel untuk memerangi kejahatan di laut. Pejabat AS mengatakan dana itu juga akan digunakan untuk melawan apa yang AS gambarkan sebagai penangkapan ikan ilegal oleh China.

Sementara itu, $40 juta lagi akan digunakan untuk inisiatif energi bersih dan sekitar $6 juta akan digunakan untuk mempercepat pengembangan digital di wilayah tersebut. Dalam peremuan tersebut, Biden juga mengatakan sedang bekerja dengan sektor swasta untuk mengumpulkan dana hingga $2 miliar.

Image: Presiden AS Joe Biden berpose untuk foto bersama dengan para pemimpin ASEAN di Gedung Putih, Washington-12 Mei 2022 (REUTERS/Leah Millis)
Image: Presiden AS Joe Biden berpose untuk foto bersama dengan para pemimpin ASEAN di Gedung Putih, Washington-12 Mei 2022 (REUTERS/Leah Millis)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan