Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Menjalankan Strategi Manajemen Risiko Komputasi Cloud Perbankan

24 September 2021   06:20 Diperbarui: 27 September 2021   03:30 285 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menjalankan Strategi Manajemen Risiko Komputasi Cloud Perbankan
Ilustrasi layanan internet dan mobile banking. (Dok. Shutterstock via kompas.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, penyedia solusi manajemen risiko berbasis cloud telah mengembangkan berbagai macam alat otomatisasi yang inovatif, ramah pengguna, dan siap pakai, seperti analisis penyimpangan data, peringatan kesalahan konfigurasi kritis, dan alat forensik digital.

Memanfaatkan teknologi cloud membebaskan waktu analis risiko untuk fokus pada apa yang mereka lakukan yang terbaik. 

Mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengonfigurasi alat dan teknologi, mereka dapat bergerak cepat untuk mengembangkan model dan mekanisme peringatan yang canggih.

Menjalankan manajemen risiko di cloud juga memudahkan tim untuk mengkalibrasi ulang dan mengelola model mereka serta menyiapkan pengujian baru. 

Infrastruktur berbasis cloud dapat terus-menerus diisi dengan data waktu nyata---sesuatu di luar kemampuan banyak sistem lama. Hal tersebut membuat model lebih akurat dan tepat, dan membantu analis dengan cepat membuat keputusan berbasis data tentang efektivitasnya.

Fleksibilitas dan konektivitas lingkungan berbasis cloud dapat memiliki dampak yang berarti tidak hanya pada produktivitas analis risiko tetapi juga pada pengembang yang membuat dan memelihara model yang mengidentifikasi, mengukur, dan mengurangi risiko. 

Setelah pindah ke cloud, pengembang sering melaporkan peningkatan signifikan dalam metrik kinerja utama, termasuk peningkatan frekuensi rilis, waktu tunggu untuk diterapkan, dan rata-rata waktu untuk pemulihan.

Selain itu, dampak solusi berbasis cloud melampaui fungsi risiko, karena kemudahan penggunaannya membuat alat identifikasi dan penilaian risiko yang kuat lebih mudah diakses oleh unit bisnis, yang merupakan lini pertahanan pertama. 

Hal ini memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang risiko dan rasa memiliki untuk keputusan risiko. Petugas pinjaman, misalnya, dapat menguji portofolio pinjaman atau mensimulasikan kinerja pinjaman sebelum menyetujuinya, memungkinkan kesadaran yang lebih dalam tentang pertukaran risiko-pengembalian.

Potensi manfaat komputasi cloud sangat besar, namun begitu pula tantangan dalam memigrasikan sistem dan aktivitas manajemen risiko dari lokal ke cloud (awan). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan