PROBLEMA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19
MERY PUTRI WARDANI
Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
mputriwardani@gmail.com
ABSTRAK
Pandemi covid-19 telah merubah seluruh tatanan kehidupan manusia, khususnya di dunia pendidikan. Hal tersebut mengharuskan pendidikan berubah dan beradaptasi secara cepat untuk tetap melanjutkan proses pembelajaran. Tujuan dari paper ini yaitu untuk meninjau dampak-dampak yang ditimbukan kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Work From Home (WFH) di dunia pendidikan. Paper ini ditulis dengan meninjau artikel-artikel dan referensi terkait tentang kebijakan pembelajaran online yang dianggap sebagai solusi untuk tetap melanjutkan proses pembelajaran ketika sekolah-sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran virus. Namun, di sisi lain kebijakan tersebut telah memberikan dampak terhadap proses tranformasi ilmu pengetahuan baik terhadap peserta didik, guru maupun orang tua atau keluarga. Terutama Sekolah di wilayah perbatasan mengalami kesulitan melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19
Â
Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Proses Pembelajaran, Kebijakan
Â
PENDAHULUAN :
Pandemi Covid-19 menyebar ke berbagai negara dibelahan dunia dengan sangat cepat, khususnya Indonesia telah memberikan gambaran dunia pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi. Tetapi, teknologi tetap saja tidak dapat menggantikan peran guru dan dosen dan juga interaksi belajar antara peserta didik dengan pendidik dikarenakan pembelajaran bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, dan kompetensi. Situasi pandemi ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan ataupun dalam hal lainnya