Mohon tunggu...
Meri Rajagukguk
Meri Rajagukguk Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Saya merupakan mahasiswa semester 5 saat ini dengan jurusan Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, saya sangat mencintai anak- anak.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Indonesia Diperbudak Bangsa Jepang dan Belanda "Goa Jepang dan Belanda"

30 November 2022   20:37 Diperbarui: 30 November 2022   20:44 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada 27 november 2022 kami Mahasiswa Pertukaran melakukan kunjungan ke Gua belanda dan Goa jepang, yang berada di kawasan hutan  Raya Ir. H. Juanda, Bandung Utara. Gua- gua ini adalah gua bersejarah dalam Masa penjajaan indonesia atau peperangan yang terjadi di indonesia. Yang pertama kami kunjungi adalah ada Gua jepang. Gua Jepang  ini berdiri pada tahun 1942 oleh penduduk Jepang. Gua ini memiliki luas 550 meter dengan suhu yang dingin dan tanpa cahaya. Gua ini berasal dari  batu yang besar.  Gua ini memiliki lubang yang lumayan besar sehingga memudahkan orang orang jepang masuk.  Jumlah orang yang bisa masuk ke dalam  bisa mencapai kurang lebih 1000 orang. Gua ini dijadikan tempat persembunyiaan , tempat penyimpanan makanan -- makanan jepang serta  penyimpanan senjata yang pakai untuk untuk berperang. Didalam gua ini terdapat beberapa ruangan yang dijadikan tempat orang orang jepang dan memperbudak indonesia.

Pada  proses pembangunan gua jepang ini dengan melakukan  sistim kerja paksa atau romusa terhadap orang -- orang indonesia. Konon jepang tidak melihat kesehatan orang indonesia sehingga banyak yang sakit dan tewas.Sehingga gua ini mistis ataupun horor karena masa lalu yang terjadi bahkan masyarakat disana mengatakan sering mendengar orang  menangis. Namun sekarang gua jepang dijadikan tempat wisata jadi sangat banyak yang berkunjung dan penasaran dengan tempat ini.

Kedua adalah gua belanda, gua belanda hampir dekat dengan gua jepang hanya berjalan sekitar 200 meter lagi dari gua jepang. Gua belanda hampir sama sejarahnya dengan gua jepang yaitu bangunan bersejarah yang dibuat oleh bangsa belanda dengan memperbudak bangsa indonensia pada proses pembuatannya. Yang pada awalnya berdiri pada tahun 1901. Konon ini dipergunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang pembangkit listrik tenaga air. Namun, pada tahun 1918 Belanda melakukan renovasi dengan menambah lorong dan koridor dalam gua yang berada di daerah Dago Pakar ini.

Pembangunan yang dilakukan oleh Belanda mencakup 15 lorong dan 3 koridor. Pada setiap koridor mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Koridor pertama untuk saluran air, koridor kedua untuk lubang ventilasi dan yang ketiga untuk ruang interogasi. Gua ini juga tidak memiliki cahaya di dalam jadi para pengunjung harus membawa senter atau cahaya handphone karena gua ini sama sekali tidak memiliki cahaya. Perbedaan gua jepang dan gua belanda adalah dalam bangunan gua jepang berasal dari batuan seperti kerikil dan warna batunya hitam dan lembab.Sedangkan gua belanda, memiliki warna putih didalam bisa dikatakan lebih indah bangunannya dibandingan gua jepang. Karena desainnya rapi dan tulisan belanda serta suhunya, disini suhu tidak terlalu dingin dibandingan dengan gua jepang. Dan gua belanda dijadikan juga sebagai tempat wisata di bandung.   

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun