Mohon tunggu...
Ledawarni Merici Satepu
Ledawarni Merici Satepu Mohon Tunggu... Koki - MAHASISWI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI || STP TRISAKTI || D4 HOTEL 2019
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Perhotelan 2019

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Front Office, Contoh Dialog Check-In Reservation and New Guest with Credit Card Payment Method

31 Juli 2021   11:55 Diperbarui: 31 Juli 2021   12:05 5371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo sobat baca! Saya Ledawarni Merici Satepu, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya ingin berbagi tentang Pengetahuan Front Office mengenai  Dialog saat Check-in Reservation and New Guest with Credit Card Payment Method, serta beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh receptionist.

Selamat Membaca!


Check -- in reservation and new guest, dimana seorang tamu membuat reservation dan akan check in di hotel dan tamu ini baru pertama kali datang di hotel tersebut dan tamu tersebut akan melakukan pembayaran tagihan dengan menggunakan kartu kredit.

 Berikut langkah -- langkah yang perlu diperhatikan saat ada tamu yang datang dan melakukan reservation langsung :

  • Greeting.  Dimana saat ada tamu jangan lupa memberi salam dan senyum ramah kepada tamu.
  • Tanya nama. Tanyakan nama tamu yang akan membuat reservasi.
  • Check expected arrival.
  • Ambil registration card di rack reception.
  • Berikan registration card kepada tamu agar dapat diisi oleh tamu.
  • Sambil mengisi registration card, siapkan Key Card, Welcome Drink, Guest Card, Breakfast Coupon.
  • Check kembali Registration Card.
  • Tanyakan payment. Tanyakan kepada tamu dengan apa tamu membayar tagihannya.
  • Terakhir, jelaskan satu persatu mengenai Key, Welcome Drink, Guest card.

              

Setelah tamu menuju kamar, yang dilakukan selanjutnya adalah memasukkan semua data tamu ke dalam computer kemudian registration card dimasukkan ke dalam bill rack sesuai dengan nomor kamar.

Jangan lupa saat melengkapi registration card untuk menuliskan initial anda dan jam kedatangan tamu, lalu masukkan registration card ke dalam bill rack.

flickr.com
flickr.com

Berikut contoh singkat conversation Check-in Reservation and New Guest with Credit Card Payment Method :

(R : Receptionist, G : Guest)

R             : good afternoon, welcome to Nusa Hotel. How may I assist you?

G             : Yes, I want to check in please.

R             : Have you made reservation before?

G             : Yes

R             : May I know your name?

G             : Meri

R             : Have you been here before?

G             : No

R             : Just a moment I'll check your name first. All right Ms. Meri. Welcome to our hotel and could you please complete and sign this registration card.

G             : Yes, of course.

R             : How do you settle your bill?

G             : I pay by credit card.

R             : May I borrow your credit card Ms. Meri?

G             : Sure, here.           

R             : All right Ms. Meri, you get room number 1010 and this your key room and you can get breakfast at the Island Restaurant from 6 am until 10 am. Is there anything else Ms. Meri?

G             : No thanks.

R             : All right Ms. Meri . Thank you for coming in our Hotel and have a nice day.


Nah itulah contoh singkat percakapan saat check-in. kurang lebihnya saya mohon maaf.

Selamat membaca...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun