Mohon tunggu...
Meri Hartati
Meri Hartati Mohon Tunggu... Apa yang kamu pikirkan sekarang akan terjadi dimasa depan , apa yang terjadi sekarang adalah buah pikiran masa lalu.

Guru di SD Negeri 243 Palembang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

19 Juni 2021   12:37 Diperbarui: 19 Juni 2021   12:57 47 1 0 Mohon Tunggu...

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

MEMBUAT BUKU ANTOLOGI PUISI

Oleh : Meri Hartati,S.Pd.

LATAR BELAKANG

Perubahan dalam kehidupan masyarakat, gaya hidup masyarakat modern  saat ini maju dengan pesat, industri 4.0 berkembang dengan mencipta sesuatu yang baru, siapa yang mampu menciptakan sesuatu yang baru dan mampu mengikuti perkembangan maka akan berhasil dan tidak terpuruk.

Dengan adanya perubahan-perubahan baru yang begitu cepat, pendidikan sebagai suatu bagian kehidupan masyarakat harus mempersiapkan berbagai perubahan yang terjadi, agar dapat diantisipasi melalui upaya memperbaiki proses pendidikan dan pembelajaran, program yang dilakukan di suatu sekolah haruslah berdampak pada murid, ada hasil nyata yang bisa di lihat dari amurid tersebut.

Rendahnya literasi di kehidupan sehari-hari disebabkan banyak faktor , faktor hiburan , vidio-vidio di sosmed, televisi dan sebagainya yang membuat siswa kita terlena dan kecendrungan tidak membaca, padahal kemampuan literasi sangat penting dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa yang mempunyai semangat literasi sangat diperlukan dalam era industri 4.0 dimana keterampilan literasi bisa menjadi skill yang kuat dalam menghadapi tantangan hidup dimasa depan.

Budaya Literasi harus dilakukan sejak dini dari anak-anak tingkat TK, Sekolah dasar sehingga mereka menjadi kebiasaan rutinitas setiap hari maka akan menjadi habit bagi anak tersebut. Upaya untuk anak tertarik dalam literasi bisa dengan mengapresiasi setiap apa yang ditulis oleh siswa dan memberikan apresiasi.

Berlatar belakang dengan kejadian tersebut kami membuat Program Membuat Buku Antologi Puisi yang nantinya kan dibukukan menjadi buku Antologi Puisi tujuannya memberikan apresiasi kepada siswa agar gemar membaca dan menulis akan meningkatkan budaya literasi siswa.

DESKRIPSI NYATA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN