Mohon tunggu...
meri arysaputri
meri arysaputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - akun tugas

akun tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran selama Pandemi

22 Januari 2022   22:17 Diperbarui: 22 Januari 2022   22:18 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

                Sudah setahun lebih covid-19 menetap di Indonesia. Wabah yang mematikan manusia, pekerjaan serta pendidikan. Sudah banyak berita mengenai kasus kematian yang diakibatkan oleh virus ini. Pekerjaan dan pendidikan pun dialihkan kerumah, dilakukan secara daring.

                Pendidikan di Indonesia juga lumpuh oleh virus ini, dan membuat Menteri Pendidikan mengalihkan pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran di rumah. Membuat para pelajar selalu memegang handphone mereka. Apakah ini lebih efektif ?

                Sekarang ini, kita sudah belajar dari rumah dengan berbagai platform yang ditunjuk, seperti Google Meet, Google Classroom, ZOOM, WhatsApp dan lain lain. Beragam juga tugas yang diberikan oleh pengajar seperti tugas video, tugas ketik dan tertulis, serta presentasi dengan Power Point.

                Para pelajar dituntut bisa dan paham dengan beberapa aplikasi ini. Membuat tugas dengan cepat dan tidak membosankan.

                Banyak di akun media sosial yang menyebarkan tips dan trik penggunaan aplikasi yang berhubungan dengan belajar daring ini. Tips penggunaan Word agar lebih efektif, menggunakan Canva sebagai media presentasi yang menarik, serta tips dan trik yang lain.

                Kita sebagai pelajar harus bisa menggunakan waktu belajar daring seefektif mungkin agar tetap memahami materi yang diberikan oleh para pengajar.

                Ada beberapa cara ampuh agar belajar daring lebih efektif

  • Tempat belajar harus sesuai dengan mood kamu, tertata rapi dan bersih bisa membuat kamu lebih fokus dalam belajar
  • Memperhatikan jadwal kuliah/sekolah, agar kita tidak lupa harus mulai belajar apa dan bagaimana
  • Mengkondisikan tempat belajar agar bisa lebih konsentrasi
  • Sedia cemilan dan minuman agar kamu tidak lapar, hehehe...
  • Setelah belajar jangan lupa refreshing yaa teman-teman biar tidak terlalu stress

Setelah beberapa tips dan trik ampuh belajar daring ada beberapa tips dan trik belajar dengan media sosial lhoo...

Media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube dan lain-lain pasti ada di handphone para pelajar. Bagaimana tidak, beberapa tugas yang diberikan oleh pengajar terkadang harus di upload di media sosial pribadi, tidak jarang pelajar mencari tahu bagaimana cara membuat tugas yang di upload di media sosial pribadi menjadil lebih menarik. Simak berikut tips dan trik membuat tugas menjadi lebih menarik.

Yang pertama nih teman-teman, kita pasti ada saja tugas yang di unggah di Instagram 'kan? Membuat unggahan Instagram menjadi lebih menarik yaitu dengan menggunakan foto atau video yang lagi viral saat ini, seperti "Squid Game" yang banyak digemari oleh banyak orang. Kita bisa mengambil tema itu lhoo. Membuat foto unggahan kita seperti tema dalam drama Korea tersebut.

Kemudian penggunaan tagar (#) yang bisa membuat orang melihat unggahanmu. Tagar (#) yang berhubungan dengan tugas saat itu, seperti #belajardirumah, #tugasonline, dan lain-lain. Pengguna Instagram biasanya menyertakan tagar (#) agar unggahan mereka lebih jauh jangkauannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan