Mohon tunggu...
Mentari Putri Chaerunnisa
Mentari Putri Chaerunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Rekognisi Kampus Mengajar Angkatan 1 UPI Kampus Sumedang

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Sumedang Angkatan 2018.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kampus Mengajar Angkatan 1, Mahasiswa Membantu Meningkatkan Literasi Numerasi dan Sumber Daya Sekolah

16 Oktober 2021   22:52 Diperbarui: 16 Oktober 2021   23:35 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kampus Mengajar Angkatan 1

Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini beberapa sektor pemerintahan mengalami dampak yang sangat berarti, sektor pendidikan juga tak lepas dari dampak pandemi tersebut. Beberapa dampak dalam sektor pendidikan seperti misalnya, pembelajaran yang mendadak dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh atau biasa dikenal dengan Daring merupakan salah satu cara alternatif atau solusi pembelajaran yang dilakukan untuk mengurangi mobilitas kegiatan yang dilakukan di Sekolah. Manfaat dari pembelajaran jarak jauh ini adalah mengurangi resiko penyebaran virus covid-19 dalam lingkungan sekolah.

Salah satu upaya pemerintah untuk tetap mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh yaitu dengan memberikan suatu wadah bagi mahasiswa, untuk ikut andil dalam mensukeskan jalannya pendidikan melalui program kampus mengajar. Program kampus mengajar bertujuan untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi dan juga membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD yang berakreditas C dan SD di daerah 3T.

Pada program kampus mengajar angkatan 1 ini saya Mentari Putri Chaerunnisa mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang ditempatkan pada salah satu sekolah berakreditasi C yaitu SD Boarding School Al-Anshory Kota Cirebon. Dalam program kampus mengajar ini lebih menekankan pada tiga program inti yaitu mengajar, membantu administrasi dan membantu adaptasi teknologi.

SD Boarding School Al-Anshory ini pada masa pandemic ini tidak dapat menerapkan pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan gawai. Pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka atau luring tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan Mengajar

Kampus Mengajar Angkatan 1
Kampus Mengajar Angkatan 1

Pada kegiatan mengajar sendiri dilaksanakan melalui beberapa bentuk yakni Pendampingan belajar Siswa SD Boarding School Al-Anshory, Membantu guru dalam program bimbingan siswa kelas I – VI, dan Pembuatan karya seni/prakarya. Pada saat melakukan kegiatan ini peserta didik sangat antusias dalam belajar dan menjadi lebih paham dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang bervariatif dan inovatif.

Pembelajaran juga dikaitkan dengan adaptasi teknologi, sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak monoton hanya melalui buku saja. Peran teknologi untuk pembelajaran juga sangat penting guna membantu peserta didik dapat lebih mudah memahami suatu materi dengan metode yang lebih menyenangkan.

Membantu Adaptasi Teknologi

Kampus Mengajar Angkatan 1
Kampus Mengajar Angkatan 1

            Dalam penerapan adaptasi teknologi bagi pembelajaran, kami selaku mahasiswa memberikan suatu sosialisasi kepada guru-guru untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui aplikasi-aplikasi dalam melakukan pembelajaran. Aplikasi – aplikasi seperti misalnya google classroom, googlet meet, aplikasi AKSI dan lain sebagainya. Selain itu juga mahasiswa mengupayakan pembuatan Web Sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan