Mohon tunggu...
Mentari Pagi Berau
Mentari Pagi Berau Mohon Tunggu... Peace for all

Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengenal KADIRA di Tahun 2020

26 Februari 2020   15:26 Diperbarui: 26 Februari 2020   15:22 6 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal KADIRA di Tahun 2020
indonesiana.id

Dalam perkembangan atau pembangunan suatu daerah, peran kampung tidak bisa disepelekan begitu saja. Secara tidak sadar, kampung memberikan peran penting terhadap perkembangan ekonomi suatu daerah. Oleh sebab itu, fokus untuk pembangunan fasilitas yang ada di kampung harus terus digalakkan.

Salah satu daerah yang saat ini sedang menjadikan kampung sebagai fokus pembangunan adalah kabupaten Berau. Bupati Berau, Muharram dalam fokus programnya untuk Pilkada 2020 menuliskan program penguatan ekonomi berbasis kampung yang mana dalam sub-programnya bernama KADIRA atau Kampung Digital Berau. Apa itu KADIRA?

Kadira adalah program yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan SDM kampung dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang berlangsung. Para muda-mudi kampung diharapkan mampu beradaptasi dengan segala perubahan dn perkembangan teknologi yang mana juga saat ini menjadi laju perekonomian digital.

Implementasi dari program kadira ini sendiri adalah dengan penyediaan dan pemasangan sarana berupa jaringan internet di seluruh kampung yang ada di Berau. lokasi pemasangan jaringan internet ini dilakukan di tempat-tempat strategis seperti Bali Desa, Balai Warga agar mudah diakses oleh seluruh warga kampung.

Diharapkan dari program ini, warga Berau tidak lagi buta teknologi atau tertinggal dengan kemajuan teknologi yang ada. Setelah itu, warga Berau mampu memanfaatkan dan memaksimalkan peluang ekonomi dengan cara memasarkan produk-produk unggulan yang dipunyai kampungnya di pasar digital atau biasa disebut online shop. Dengan begitu, akan sangat memudahkan para warga Berau untuk memulai berwirausaha dan meningkatkan perekonomiannya.

Program Kadira sendiri dapat dikatakan tidak hanya menguntungkan beberapa pihak tertentu, namun juga seluruh warga Berau. Jika program ini berhasil, maka tak hanya tingkat sumber daya manusianya yang meningkat, namun juga tingkat perekonomian Berau secara menyeluruh di seluruh kampung di Berau.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x