Mohon tunggu...
Widianto.H Didiet
Widianto.H Didiet Mohon Tunggu... Model - Pria Tampan Pencari Cinta

Seorang pecinta seni yang mencari makan dari dunia kreatif, suka jalan jalan selama tidak menyusahkan dan tentunya sangat menikmati Wisata Kuliner sebagai kebutuhan wajib yang tidak bisa ditinggalkan. Aktif di dunia fotografi sebagai praktisi, hobi dan sekaligus pengisi pundi pundi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Belajar Motret Sekejap

24 Agustus 2020   23:46 Diperbarui: 24 Agustus 2020   23:51 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Dit, ajarin motreeet... besok gw mau motretin temen gw sama lakinyaaa... gw disewain kamera niiih.." teriak temen gw yg lagi liburan di luar kota.. 

Biasanya dia mbantuin gw motret dengan kondisi kamera sudah gw settingin, secara komposisi dia sudah mateng, tapi secara setting kamera dia berantakan. Ini biasa terjadi, komposisi bagus tapi gak bisa setting kamera. 

Kemajuan jaman yang membuat kamera HP sudah menghasilkan gambar yg bagus, membuat banyak orang tidak lagi mau mempelajari fotografi secara lebih mendalam... yang mana akhirnya gw dapet PR menjelaskan dengan sistem kilat...

ini adalah ketikan yg gw kirim buat temen gw melalui WA, setelah sebelumnya gw menyuruh dia untuk memotret kameranya. Setidaknya besok dia tidak kalang, kabut ketika memotret.... sekalian gw share disini deh, siapa tau ada yang mau belajar juga...

dsadfas-5f43eb00d541df4e8920bed2.jpg
dsadfas-5f43eb00d541df4e8920bed2.jpg
Speed itu kecepatan ...
standar adalah angka 60...
kalau angka makin kecil = gambar makin terang tapi goyang
agar tidak goyang usahakan setidaknya 60
kalau speed makin besar misal 125 maka bisa motret orang lompat

F
 atau diagfragma atau ruang tajam..
F angka kecil (misal 2.8 ) gambar terang
F angka besar (sampai 22) makin gelap

Kelebihan..  

F angka kecil (misal 2.8)
fokus ke objek,
background blur
(ruang tajamnya sempit hanya ke objek)

F angka besar (makin besar) semuanya akan tajam
(ruang tajamnya luas hingga background)
untuk motret 1 orang/ 1 baris bisa pakai f 2.8, tapi kalau motret rame2 pakai F setidaknya 4

ISO = Kepekaan Sensor
ISO kecil untuk di tempat terang
ISO makin besar untuk di tempat gelap
ISO makin besar akan timbul noise

Metering = Pengukur Cahaya

Dengan melihat metering maka akan bisa memantau cahaya cukup atau kurang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun