Mohon tunggu...
Menah komalasari
Menah komalasari Mohon Tunggu... NEWBIE

NEWBIE

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Komik Sebagai Media Pembelajaran FPB dan KPK Pada Sekolah Dasar

23 Agustus 2019   16:17 Diperbarui: 23 Agustus 2019   16:32 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan merupakan faktor utama membentuk kepribadian manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Hamzah dan Junaedi (2007: 38) mengemukakan bahwa "pendidikan merupakan masalah hari depan yang harus dipersiapkan dan ditanggulangi mulai sekarang dan apabila terjadi penundaan, akan mendekatkan suatu bangsa pada jurang kehancuran". 

Dalam hal ini berarti pendidikan merupakan satu-satunya jalan untuk mencapai masa depan suatu bangsa ke arah yang lebih baik. Masalah pendidikan menjadi salah satu sorotan dari berbagai pihak, baik dari masyarakat, pemerintah, maupun dari lembaga-lembaga lainnya. 

Perhatian dari berbagai pihak sangat diperlukan karena pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling dominan dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bekualitas. Sehingga diperlukan cara yang tepat dalam penanganan masalah tersebut.

Pendidikan merupakan aktivitas untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu menjadi warga masyarakat yang memiliki kontribusi positif bagi masyarakat atau lingkungan di masa yang akan datang. Pendidikan diselenggarakan untuk memastikan peserta didik memiliki kecakapan untuk hidup ditengah masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Pendidikan dilihat dari sudut proses. 

Sependapat dengan Sagala (2010: 4) mengatakan bahwa "pendidikan adalah proses dalam rangka memengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya dan yang akan menimbulkan perubahan pada dirinya yang memungkinkan, sehingga berfungsi sesuai kompetensinya dalam kehidupan masyarakat". 

Dengan demikian, pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui tindakan nyata berupa bimbingan, pengajaran, dan atau latihan yang berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah. Dalam mengembangkan potensi dirinya tersebut peserta didik harus menempuh jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga bermanfaat untuk membantu mendorong peserta didik dalam mencapai pengembangan diri dan rasa percaya diri.

Dalam dunia pendidikan, matematika juga merupakan salah satu cabang pengetahuan yang mempunyai kekhasan tersendiri, diantaranya ialah menuntut pemikiran yang logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. 

Dalam penyajian matematika memerlukan bukti dalam penyelesaian soal. Beberapa kegunaan sederhana yang praktis dari pengajaran matematika antara lain dengan pelajaran matematika kita mampu berhitung, memiliki persyaratan untuk belajar bidang studi lain, dengan pelajaran matematika perhitungan menjadi lebih sederhana dan praktis.

Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir. Karena itu sangat diperlukan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi kemajuan IPTEK, sehingga matematika perlu dibekalkan pada peserta didik sejak dini. 

Berdasarkan etimologi, matematika berarti ilmu pengetahuan yang diperoleh tidak melalui penalaran, akan tetapi dalam matematika lebih menekankan aktivitas dalam dunia rasio (penalaran). Ruseffendi (2001: 18) menyatakan bahwa "Matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, penalaran. Pada tahap awal matematika terbentuk dari pengalaman manusia dalam dunianya secara empiris, karena matematika sebagai aktivitas manusia kemudian pengalaman itu diproses dalam dunia rasio, diolah secara analisis dan sintesis dengan penalaran didalam struktur kognitif sehingga sampailah pada suatu kesimpulan berupa konsep-konsep matematika."

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam sekolah-sekolah dengan sistem pendidikannya yang telah diatur oleh pemerintah tentunya mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya banyaknya informasi yang disampaikan orang dengan menggunakan bahasa matematika seperti tabel, grafik, persamaan, dan lain-lain. Bahkan pada dasarnya matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3