Mohon tunggu...
Slamet Febryanto
Slamet Febryanto Mohon Tunggu... Mahasiswa

Informatika - Undip

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Di Era Pandemi Covid-19, Bersama Mahasiswa KKN UNDIP Warga Mangunharjo Kota Semarang "Menggooglekan" Diri!

9 Agustus 2020   21:00 Diperbarui: 9 Agustus 2020   21:04 35 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Era Pandemi Covid-19, Bersama Mahasiswa KKN UNDIP Warga Mangunharjo Kota Semarang "Menggooglekan" Diri!
(Proses pendaftaran Usaha Pribadi ke Google Maps dan Google My Business)

Mangunharjo, Kota Semarang (27/7). Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan model baru yaitu dengan model "Pulang Kampung". Hal ini juga berlaku pada mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro. Dengan tema KKN "Pulang Kampung" diharapkan mahasiswa Undip dapat membantu dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi di kampong halaman masing - masing. Begitu juga dengan yang dilakukan salah satu Mahasiswa KKN UNDIP di RW 03 Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang, program kerja yang dilakukannya berjudul "Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pendaftaran Usaha Pribadi Setempat di Google Maps dan Google My Business".

Program kerja ini di latar belakangi kurangnya pemanfaatan teknologi informasi yang ada untuk mempermudah dan memperluas jaringan pemasaran pada usaha - usaha pribadi yang ada di RW 03 Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang. Terlebih lagi di era pandemi Covid-19 ini, hampir semua keuntungan dari pemilik usaha pribadi tersebut mengalami penurunan dan menyebabkan lemahnya tingkat ekonomi masyarakat di area tersebut. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi terkini salah satunya yaitu Google Maps dan Google My Business untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha pribadi dalam meningkatkan target pemasaran serta mempermudah pencarian lokasi usaha tersebut berada di era pandemi Covid-19.

"Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum." (Wikipedia). Google Maps menjadi andalan untuk pencarian cepat lokasi-lokasi yang terkait dengan keperluan harian, juga untuk eksplorasi banyak tempat baru tanpa perlu banyak bertanya kepada orang sekitar. Fiturnya termasuk membagikan lokasi - lokasi tersebut.

Sedangkan Google My Business merupakan fitur gratis yang dapat di akses melalui perangkat komputer maupun smartphone, yang dapat digunakan untuk mendaftarkan bisnis di Google termasuk lokasi bisnis. Melalui Google My Business, bisnis yang telah terdaftar dapat dilihat keberadaannya oleh masyarakat Mangunharjo, Kota Semarang, maupun masyarakat Indonesia melalui Aplikasi Google. Google My Business juga menawarkan fasilitas pengelolaan informasi yang lengkap mengenai data - data / informasi tentang bisnis yang telah terdaftar, mulai dari nama bisnis, kategori bisnis, alamat bisnis, jam kerja operasional, fasilitas yang disediakan, nomor telepon, website bisnis, tanggal bisnis mulai berdiri hingga foto - foto galeri dari bisnis tersebut. Selain itu semua, Google My Business juga memiliki fasilitas dalam mempermudah interaksi bisnis dengan pelanggan yaitu dengan adanya ulasan dan rating dari pelanggan kepada bisnis tersebut.

(Pemanfaatan Google Maps terhadap usaha pribadi di RW 03, Mangunharjo, Kota Semarang)
(Pemanfaatan Google Maps terhadap usaha pribadi di RW 03, Mangunharjo, Kota Semarang)

Di era saat ini, hampir semua orang telah menggunakan akses internet dalam kegiatan sehari-hari, terlebih lagi aplikasi Google yang dapat mempermudah kegiatan dan keperluan manusia. Dengan dikenalnya usaha-usaha pribadi yang ada di RW 03 Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang melalui Google Maps dan Google My Business, diharapkan area pemasaran semakin luas sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan kemajuan di area RW 03 Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang.

Penulis : Slamet Febryanto (Informatika / Fakultas Sains dan Matematika / Universitas Diponegoro)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x