Mohon tunggu...
Melvan Riansyah
Melvan Riansyah Mohon Tunggu... Videographer & Photographer

Seseorang dengan rasa ingin tahu yang tinggi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Di Balik Berdirinya Rumah Singgah Al-Fatih

12 April 2021   23:01 Diperbarui: 12 April 2021   23:05 34 0 0 Mohon Tunggu...

Rumah Singgah Al-fatih merupakan rumah singgah yang diperuntukkan bagi anak anak yang sedang menjalani masa pengobatan yang panjang, mereka membutuhkan tempat dimana mereka bisa singgah untuk menjalani masa pengobatan itu. Walaupun namanya rumah singgah, tapi rumah singgah Al-Fatih ini tidak hanya menyediakan tempat untuk singgah saja, Rumah Singgah Al-Fatif atau disingakt RSAF ini juga membantu mereka yang mengalami kekurangan ekonomi. Biaya biaya yang tidak tercover oleh BPJS mereka yang tanggung. Lalu ada alasan dimana RSAF ini hanya menyediakan tempat bagi mereka yang masih anak anak.

"Jadi awal mula kami terpikir untuk membuat Rumah Singgah Al-Fatih ini karena melihat pasien-pasien dewasa hingga lansia yang terganggu jika mendengar anak-anak bermain. Sedangkan seperti yang kita tau, anak-anak ini kodratnya adalah bermain dan berlari-lari. Dari situ kita bias menyimpulkan bahwa anak-anak butuh kesenangan, sedangkan orang dewasa perlu ketenangan. Karena itu, kami membangun Rumah Singgah Al-Fatih ini sebagai tempat untuk menampung pasien anak-anak, sekaligus juga sebagai tempat bermain bagi mereka. Ya itung-itung beramal jariyah hehe." Ujar Kang Y. 

Seperti itu lah alasan utama mengapa mereka hanya menyediakan tempat bagi anak anak saja.

RSAF ini berdiri pada tahun 2012. Mimih sebagai orang tua dari pasien disana termasuk sebagai founder dari RSAF sendiri. mimih dan nanang (anaknya) adalah pasien paling lama di RSAF, "mimih mah udah ada sebelum RSAF ini terbentuk, yah bisa kebilang mimih ini founder dari RSAF sendiri, dan udah jadi seperti ibu kita semua disini" ujar salah satu pengurus RSAF.

Istri dari Kang Y mengatakan bahwa RSAF ini baginya seperti ladang memanen pahala bagi orang orang. Karena bisa terbayang kan anak anak yang menyimpan rezeki dari tuhan lalu dititipkan ke RSAF. "Tempat ini juga kami bangun dengan maksud untuk membuka ladang pahala bagi siapapun yang memiliki rezeki lebih. Walau kami sendiri juga memiliki donatur tetap, tapi kami juga tidak menutup kepada siapapun yang mau berdonasi. Karena donasi dari teman-teman sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan." Ujarnya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x