Mohon tunggu...
Melfrida Sufinta
Melfrida Sufinta Mohon Tunggu... Indonesia tanah air ku

in You i rest,in You i found,my hope in You i trust.You never let me go i place .My life within Your hands alone Be still my soul

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Makanan Sehat untuk Diet

14 Mei 2020   15:49 Diperbarui: 14 Mei 2020   15:49 350 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makanan Sehat untuk Diet
shuttestock

Bingung dengan semua saran nutrisi yang bertentangan di luar sana? Kiat-kiat sederhana ini dapat menunjukkan kepada kamu bagaimana merencanakan, menikmati, dan menjalankan diet sehat.

         Berita Terkini virus corona
Di tengah-tengah pandemi COVID-19, makan makanan sehat tetap merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan Anda. Meskipun tidak ada makanan tertentu yang dapat membantu melindungi Anda dari virus, diet bergizi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau membantu Anda melawan gejala. Anda mungkin tidak dapat berbagi makanan dengan teman dan orang yang dicintai, tetapi ada banyak cara lain untuk makan dengan baik dan mendukung kesehatan Anda pada saat yang sulit ini.

Apa itu diet sehat? 


Makan makanan yang sehat bukan tentang batasan ketat, tetap kurus secara tidak realistis, atau menghilangkan makanan yang kamu sukai. Sebaliknya, ini tentang perasaan  hebat, memiliki lebih banyak energi, meningkatkan kesehatan , dan meningkatkan suasana hati kamu.

Makan sehat tidak  terlalu rumit. Jika kamu merasa kewalahan dengan semua saran nutrisi dan diet yang saling bertentangan di luar sana, Kamu tidak sendirian. Tampaknya bagi setiap ahli yang memberi tahu kamu makanan tertentu itu baik , kamu akan menemukan yang lain mengatakan sebaliknya. Yang benar adalah bahwa sementara beberapa makanan atau nutrisi tertentu telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada suasana hati, itu adalah pola makan keseluruhan kamu yang paling penting. Landasan dari diet sehat harus menggantikan makanan olahan dengan makanan nyata bila memungkinkan. Mengonsumsi makanan yang sedekat mungkin dengan cara alam membuatnya dapat membuat perbedaan besar dengan cara kamu berpikir, melihat, dan merasakan.

Dengan menggunakan tip-tip sederhana ini, kamu dapat menghilangkan kebingungan dan belajar bagaimana membuat --- dan berpegang teguh pada --- diet yang enak, bervariasi, dan bergizi yang baik untuk pikiran mu  maupun untuk tubuh mu.

Piramida Makanan Sehat

healthbuffet.com
healthbuffet.com

Piramida Makan Sehat Harvard mewakili ilmu gizi terbaru. Bagian terluas di bagian bawah adalah untuk hal-hal yang paling penting. Makanan di bagian atas yang sempit adalah yang harus dimakan dengan hemat, jika tidak sama sekali. 

Dasar-dasar makan sehat 

Sementara beberapa diet ekstrem mungkin menyarankan sebaliknya, kita semua membutuhkan keseimbangan protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral dalam makanan kita untuk mempertahankan tubuh yang sehat. Anda tidak perlu menghilangkan kategori makanan tertentu dari diet Anda, tetapi pilih opsi yang paling sehat dari setiap kategori.

Protein memberi mu energi untuk bangkit dan pergi --- dan terus berjalan --- sembari juga mendukung suasana hati dan fungsi kognitif. Terlalu banyak protein dapat berbahaya bagi orang dengan penyakit ginjal, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak dari kita membutuhkan lebih banyak protein berkualitas tinggi, terutama seiring bertambahnya usia. Itu tidak berarti kamu harus makan lebih banyak produk hewani --- berbagai sumber protein nabati setiap hari dapat memastikan tubuh mu mendapatkan semua protein esensial yang dibutuhkannya.

Lemak .Tidak semua lemak itu sama. Sementara lemak jahat dapat merusak diet mu dan meningkatkan risiko penyakit tertentu, lemak baik melindungi otak dan jantung mu. Faktanya, lemak sehat --- seperti omega-3 --- sangat penting bagi kesehatan fisik dan emosional mu. Termasuk lebih banyak lemak sehat dalam diet dapat membantu meningkatkan mood kamu, meningkatkan kesejahteraan , dan bahkan memangkas pinggang mu.

Serat. Mengonsumsi makanan yang kaya serat (biji-bijian, buah, sayuran, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan) dapat membantu mu tetap teratur dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Juga dapat memperbaiki kulit  dan bahkan membantu kamu menurunkan berat badan.

Kalsium. Selain menyebabkan osteoporosis, tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan kesulitan tidur. Berapapun usia atau jenis kelamin , penting untuk memasukkan makanan kaya kalsium dalam diet mu, batasi makanan yang menguras kalsium, dan dapatkan magnesium dan vitamin D dan K yang cukup untuk membantu kalsium melakukan tugasnya.

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh manusia. Tetapi sebagian besar harus berasal dari karbohidrat kompleks yang tidak dimurnikan (sayuran, biji-bijian, buah-buahan) daripada gula dan karbohidrat olahan. Mengurangi roti putih, kue kering, tepung, dan gula dapat mencegah lonjakan cepat gula darah, fluktuasi suasana hati dan energi, dan penumpukan lemak, terutama di sekitar pinggang.

Beralih ke diet sehat 


Beralih ke diet sehat tidak harus menjadi proposisi semua atau tidak sama sekali. Kamu tidak harus sempurna,kamu  tidak harus sepenuhnya menghilangkan makanan yang kamu nikmati, dan tidak harus mengubah semuanya sekaligus --- yang biasanya hanya mengarah pada kecurangan atau menyerah pada rencana makan baru mu.

Pendekatan yang lebih baik adalah membuat beberapa perubahan kecil sekaligus. Menjaga sasaran tetap sederhana dapat membantu mu mencapai lebih banyak dalam jangka panjang tanpa merasa kehilangan atau kewalahan oleh perombakan besar-besaran diet. Pikirkan merencanakan diet sehat sebagai sejumlah langkah kecil yang dapat diatur --- seperti menambahkan salad ke dalam diet mu sekali sehari. Saat perubahan kecil kamu menjadi kebiasaan, kamu dapat terus menambahkan pilihan yang lebih sehat. 

Sebenarnya ada banyak makanan sehat yang dapat kamu konsumsi selama diet. Beberapa contoh di bawah ini mungkin bisa jadi referensi mu. 

1. Oatmeal

healthbuffet.com
healthbuffet.com

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang paling sering dikonsumsi saat diet. Hal ini karena oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan punya indeks glikemik rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat mu tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Selain membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal. Itu sebabnya, untuk menu sarapan program diet mu, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x