Mohon tunggu...
Melisa
Melisa Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas untuk Berbagai Merek Populer di Tanah Air

Day-dreamer, night thinker, Black Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Internet: Kesetiaan yang Mengiringi Perjalanan Karier

3 Juli 2022   00:05 Diperbarui: 3 Juli 2022   00:09 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika masih sekolah dulu, saya tidak pernah membayangkan kalau internet akan berkembang sedemikian masif seperti saat ini. Era Internet of Things (IoT) sudah dimulai kira-kira sejak saya SMU. Saat ini banyak sekali fasilitas internet yang memudahkan aktivitas sehari-hari, termasuk dukungan internet dari Indihome persembahan Telkom Indonesia. Kini, Indihome turut mendukung kualitas internetnya Indonesia sehingga anti lemot dan nyaman digunakan kapan saja.

Membahas soal internet selalu menjadi topik menarik bagi saya. Karena saya termasuk orang yang sangat mengandalkan internet untuk urusan pekerjaan. Sebagai generasi 90-an, tentu saja dahulu saya tidak pernah menyangka bahwa pekerjaan saya akan sangat berhubungan dengan internet. Sewaktu kecil, saya bercita-cita menjadi dokter. Namun, akhirnya impian tersebut harus kandas sebab orang tua saya tidak mempunyai bujet yang memadai untuk mendukung cita-cita tersebut.

Akhirnya, saya memilih kuliah di jurusan teknik agar ilmu yang saya dapatkan saat SMU tidak sia-sia. Ternyata anggapan saya salah. Saya tidak menyukai bidang teknik dan lulus hanya sekadar lulus. Meskipun nilai saya tidak buruk, passion terhadap dunia teknik tetap tidak ada pada diri saya. Selanjutnya, tibalah momen mencari pekerjaan yang sangat berat untuk dijalani. Sembari menunggu panggilan wawancara kerja dari beberapa perusahaan, saya memutuskan mencari pekerjaan remote yang bisa dikerjakan di mana saja.

Tanpa disangka-sangka rupanya semesta menggiring saya menuju perjalanan karier seperti sekarang ini melalui internet. Saya menemukan beberapa lowongan pekerjaan sebagai penulis online di salah satu forum. Pekerjaan pertama saya sebagai penulis online hanya dibayar Rp 5.000 per artikel. Kendati demikian, saya tetap menjalaninya dengan sepenuh hati sebab saat itu saya mulai yakin kalau bidang pekerjaan tersebut bisa diandalkan untuk menggantungkan hidup.

Sekarang, saya masih melanjutkan karier di bidang kreatif sebagai penulis online. Sewaktu mayoritas orang mengalami gegar budaya karena harus bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH) akibat pandemi Covid-19, saya tidak mengalaminya lagi. Karena saya sudah terbiasa bekerja dari mana saja selama bertahun-tahun berkat dukungan internet. Pencapaian pribadi saya memang masih jauh dari kata brilian, tetapi saya sangat bersyukur dengan segala kemudahan pekerjaan yang bisa saya dapatkan. Semoga manfaat internet di masa kini dan masa depan membuat saya semakin kreatif dan berdedikasi terhadap pekerjaan. 

Terima kasih, internetnya Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun