Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

8 Cara Hidup Minimalis untuk Anak Kos

22 Juni 2022   09:05 Diperbarui: 22 Juni 2022   14:50 619 25 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi belajar di kos (freepik/freepik)

Merantau, baik untuk melanjutkan sekolah maupun untuk bekerja, memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari belajar hidup mandiri, jauh dari keluarga, mengatur keuangan sendiri dan tinggal di kost.

Meskipun terkesan bebas namun ternyata banyak tanggung jawab yang juga harus diperhatikan. Untuk bisa bertahan dengan uang bulanan dari orangtua dengan nyaman, perlu pengaturan keuangan yang tepat dan kesadaran untuk berhemat.

Salah satunya caranya adalah dengan menerapkan prinsip hidup minimalis. Hidup sederhana dan merasa cukup dengan memenuhi kebutuhan bukan keinginan.

Dengan hidup minimalis, bukan hanya uang bulanan yang aman, tetapi juga kos yang lebih rapi dan tidak penuh barang, ruang gerak yang nyaman, serta bebas dari tanggung jawab membersihkan atau merawat banyaknya barang yang belum tentu kamu butuhkan. 

Ini dia 8 cara hidup minimalis untuk anak kos.

1. Kos dengan fasilitas dapur dan TV bersama.

Carilah kos yang sudah menyediakan fasilitas dapur dan kulkas bersama. Jadi, kamu tidak perlu membeli kompor portable dan alat masak sendiri yang akan membuat kamar kos kamu penuh dan berantakan. Kamar kamu juga bebas dari bau asap makanan. Kulkas juga cukup penting untuk menyimpan stok makanan.

Selain itu, bila memungkinkan carilah kos yang menyediakan ruang bersama dengan tv. Karena kos dengan fasilitas tv di kamar tentu mahal. 

Meskipun kamu jarang menonton tv, setidaknya kamu bisa bersosialisasi dengan teman kos yang lain. Ini sangat penting, karena hidup di perantauan, temanmu lah yang menjadi pengganti keluargamu. 

2. Beli baju yang bisa digunakan saat kuliah atau kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan