Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Jangan Gegabah Menggunakan Kartu Kredit!

19 September 2021   07:14 Diperbarui: 19 September 2021   20:31 221 26 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Gegabah Menggunakan Kartu Kredit!
ilustrasi menggunakan kartu kredit (freepik/jcomp)

Bagi orang yang memiliki pekerjaan dengan gaji tetap dan pembayaran gajinya (payroll) disalurkan melalui suatu Bank, biasanya akan mendapat penawaran dari Bank tersebut untuk memiliki kartu kredit. 

Apalagi jika  rekening kita memiliki jumlah tabungan yang terus meningkat secara berkala setiap bulan. Maka, kita akan mendapat kepercayaan sebagai "Pelanggan yang Terpilih" untuk mendapat fasilitas kartu kredit.

Bahkan ketika kita ditelepon berulang kali dan telah menolak fasilitas kartu kredit tersebut, kartu kredit tetap dikirim ke alamat kita dan "bisa diaktifkan kapan saja". Sebuah upaya agresif yang seringkali berhasil.

Baca juga : Perlunya Belajar Keuangan agar Tak Perlu Kepepet Menggunakan Pinjol

Di beberapa mall besar juga terdapat stand booth marketing Bank yang menawarkan kartu kredit pada para pengunjung. 

Mereka tentu menakar kemampuan ekonomi pengunjung mall tersebut. Siapa pun bisa mengajukan, namun pengajuan dengan sistem ini tetap harus melalui sejumlah persyaratan dan kelengkapan administrasi.

Menilik beberapa situs Bank di Indonesia, ternyata persyaratan untuk memiliki kartu kredit bisa berbeda-beda. Namun, rata-rata memiliki syarat, minimal berusia 21 tahun, berpenghasilan minimal Rp 3 juta/bulan dan memenuhi syarat administrasi berupa KTP, NPWP serta slip gaji 3 bulan terakhir.

Kelebihan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang enak. Sering ada  cicilan 0% untuk pembelian elektronik atau pembelian di berbagai merchants yang bekerja sama, ada poin reward setiap transaksi, diskon khusus di beberapa merchants yang bekerja sama, dapat ditarik secara tunai ketika kita membutuhkan sejumlah, serta dapat dilakukan untuk  kemudahan pembayaran apapun.

Hanya untuk yang Memiliki Uang

Dalam situs Wikipedia, kredit berasal dari bahasa Yunani, yaitu credere yang artinya kepercayaan. Maka kemudian kredit disebutkan dapat berarti kemampuan untuk memberikan pinjaman dengan suatu janji yang akan dibayar sesuai dengan waktu yang disepakati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan